Rabu 14 Jul 2021 05:35 WIB

Keutamaan Istri Nabi SAW, Saudah Binti Zam'ah

Saudah salah seorang yang pertama kali beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Keutamaan Istri Nabi SAW, Saudah binti Zam'ah
Foto:

Saudah sangat murah hati

Saudah dikenal juga sebagai orang yang suka beramal. Setelah Nabi wafat dan Saudah menjadi janda sekali lagi dan telah mencapai usia tua, para sahabat Nabi mengambil tanggung jawab merawat istri Nabi. Tetapi Saudah justru berusaha merawat orang-orang yang dia anggap lebih membutuhkan daripada dirinya sendiri.

"Selama pemerintahannya, Umar bin Khattab mengiriminya sekantong penuh dirham." Dia bertanya apa itu, dan setelah mengetahui itu adalah uang, dia sangat terkejut. Dia kemudian membagikan uang itu kepada orang miskin dan yang membutuhkan.” (Ghadanfar)

Aisha RA bahkan berkata tentang Saudah, “Tidak pernah aku menemukan wanita yang lebih mencintaiku daripada Saudah binti Zam'ah. Saya berharap saya bisa persis seperti dia.  (HR. Muslim).

Saudah adalah contoh wanita yang baik, humoris, dan murah hati yang bisa kita semua hormati dan perjuangkan untuk menjadi seseorang yang pribadinya seperti Saudah.  Dia memegang peran penting dalam perkembangan awal umat Islam, dan termasuk di antara generasi terbaik umat manusia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement