Rabu 14 Jul 2021 05:35 WIB

Keutamaan Istri Nabi SAW, Saudah Binti Zam'ah

Saudah salah seorang yang pertama kali beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Keutamaan Istri Nabi SAW, Saudah binti Zam'ah
Foto:

Saudah suka bercanda 

Saudah suka membuat orang lain tertawa dan memiliki selera humor yang tinggi. Begitu dia melihat rasa sakit dan kesedihan di wajah suaminya (Nabi SAW), dia memutuskan humornya akan menjadi saat yang tepat untuk meringankan beban Nabi.

Saudah pernah bercerita kepada Nabi dia sholat di belakang Nabi begitu lama sehingga dia khawatir hidungnya akan berdarah karena panjang ruku (membungkuk dalam doa).  Tidak ingin mendapatkan darah di mana-mana dari mimisan yang akan datang, dia menutup hidungnya. Nabi yang tidak bisa tidak membayangkan gambaran lucu Saudah memegang hidungnya saat sholat akhirnya tersenyum dan reda kesedihannya.

Pada satu kesempatan, Aisha RA dan Hafsa RA, mengetahui ketakutan besar Saudah terhadap Dajjal (juga dikenal oleh orang Kristen sebagai Antikristus). Namun, keduanya justru mulai berbicara tentang hal ini di depan Saudah.

Saudah kemudian sangat takut sehingga dia segera berlari ke ruangan gelap yang penuh dengan sarang laba-laba untuk bersembunyi dari monster itu. Ketika Nabi Muhammad SAW masuk, dia menemukan kedua istrinya sedang tertawa sehingga Nabi bertanya kepada mereka apa yang begitu lucu. 

Saat diberi tahu apa yang terjadi, Nabi memanggil Saudah untuk keluar karena tidak ada monster di sekitarnya. Dia keluar dengan malu-malu menertawakan dirinya sendiri. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement