Selasa 05 Sep 2023 22:24 WIB

Istri Nabi Muhammad yang Bergelar Ibu Orang-Orang Miskin

Sang ibu orang-orang miskin itu hanya sebentar menemani Nabi Muhammad.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi mengaji sirah Nabi Muhammad.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Ilustrasi mengaji sirah Nabi Muhammad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istri Nabi Muhammad ﷺ, Zainab binti Khuzaimah Radhiyallahuanha dilahirkan 13 tahun sebelum kenabian. Setelah Khadijah, Zainab binti Khuzaimah adalah istri Nabi yang meninggal dunia paling awal daripada istri Nabi yang lainnya. Ia wafat pada usia sekitar 30 tahun. 

Seperti dikutip dari buku the Wonderful Ummahatul Mukminim oleh Erlan Iskandar, Zainab hanya tinggal sebentar saja bersama Nabi Shallallahu'alaihi Wasallam. Karena singkatnya kebersamaannya dengan Nabi SAW, Zainab binti Khuzaimah tidak meriwayatkan satu hadits pun. 

Baca Juga

Sementara itu, Syekh Mahmud Al Mishri dalam kitabnya Shahabiyat Haular Rasul menyebutkan bahwa Zainab binti Khuzaimah sudah sejak awal masuk Islam. Ia termasuk ke dalam golongan kaum Muslimin pertama yang berjuang mempertahankan keislamannya. Orang-orang yang masuk Islam pertama kali, mendapatkan pujian dari Allah. Mereka dijanjikan dengan surga dan diridhai oleh Allah. Allah Ta'ala berfirman, 

وَالسّٰبِقُوۡنَ الۡاَوَّلُوۡنَ مِنَ الۡمُهٰجِرِيۡنَ وَالۡاَنۡصَارِ وَالَّذِيۡنَ اتَّبَعُوۡهُمۡ بِاِحۡسَانٍ ۙ رَّضِىَ اللّٰهُ عَنۡهُمۡ وَرَضُوۡا عَنۡهُ وَاَعَدَّ لَهُمۡ جَنّٰتٍ تَجۡرِىۡ تَحۡتَهَا الۡاَنۡهٰرُ خٰلِدِيۡنَ فِيۡهَاۤ اَبَدًا‌ ؕ ذٰ لِكَ الۡـفَوۡزُ الۡعَظِيۡمُ

 

"Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar" (QS At Taubah ayat 100).

Sebelum dinikahi Nabi, Zainab pernah menjalin dua kali hubungan pernikahan. Ahli nasab yang bernama Ali bin Abdul Aziz Al Jurjani menjelaskan bahwa suami Zainab yang pertama adalah Thufail bin Al Harits. Kemudian, Zainab diceraikan oleh Thufail. Setelah itu, Zainab dinikahi oleh Ubaid bin Harits. 

Ada juga yang menyebutkan bahwa Zainab pernah dinikahi oleh Abdullah bin Jahsy yang gugur saat perang Uhud pada tahun 3 H. Zainab pun kini hidup sendiri lagi.

Melihat keadaan itu, Nabi SAW merasa iba terhadap Zainab, lantas kemudian beliau menikahi Zainab dengan mahar 400 dirham. Beliau menikahinya di bulan Ramadhan tahun 3 H. Saat itu Zainab berusia 29 tahun. 

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement