Rabu 24 Feb 2021 06:56 WIB

Ketahui 10 Hal Ini Agar tidak Menikahi Orang yang Salah

Sebelum menikah, ada baiknya mengenal betul sosok yang akan kita nikahi.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Ketahui 10 Hal Ini Agar tidak Menikahi Orang yang Salah

Hindari aktivitas seksual/fisik sebelum menikah

Pahamilah ada hikmah luar biasa mengapa Tuhan memerintahkan kita untuk menahan diri dari hubungan yang intim sebelum menikah. Larangan tersebut bertujuan mencegah bahaya besar serta guna menjaga bagian sakral kita dari hubungan yang melampui batas.

Sebab ketika suatu hubungan sudah melampaui menjadi hubungan fisik sebelum waktunya, masalah penting lain seperti karakter, filosofi hidup, dan kecocokn akan terabaikan. Akibatnya, semuanya menjadi romantis dan menjadi sulit mengingat isu-isu penting apalagi membicarakannya. Komitmen intelektual harus dibangun sebelum komitmen emosional atau seksual.

Hindari kurangnya hubungan emosional

Sebelum menikah ada baiknya merenungkan keterikatan emosional dengan calon pasangan. Misalnya, apakah kita mengagumi dan menghormati sosok tersebut, mempercayainya, merasa aman, merasa tenang dan damai, dan lainnya. Hal itu perlu dilakukan hingga kita benar-benar memahami perasaan kita.

Perhatikan kecemasan emosional Anda sendiri

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan guna menghindari berakhirnya hubungan yang penuh kekerasan. Perlunya mengontrol perilaku seperti cara bertindak dan berpikir, berpakaian dan memakai hijab, dan cara Anda menghabiskan waktu. Selain itu, perlu memahami masalah kemarahan yang ada pada diri pasangan.

photo
Hukum pernikahan dalam Islam (Infografis) - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement