Rabu 24 Feb 2021 06:56 WIB

Ketahui 10 Hal Ini Agar tidak Menikahi Orang yang Salah

Sebelum menikah, ada baiknya mengenal betul sosok yang akan kita nikahi.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Ketahui 10 Hal Ini Agar tidak Menikahi Orang yang Salah

Waspadai kurangnya kesehatan emosional calon pasangan

Banyak orang memilih pasangan yang tidak sehat secara emosional. Satu masalah besar adalah ketika pasangan tidak dapat menyeimbangkan ikatan emosional dengan anggota keluarga, pernikahan bisa berakhir dan bahkan mengorbankan anak-anak.

Misalnya, jika seorang pria terlalu bergantung pada ibunya dan membawa hubungan itu ke dalam pernikahan. Hal demikian bisa berdampak buruk dalam pernikahan.

Selain itu, hindari menikah dengan orang yang selalu disibukkan dengan kekurangan, ketidakamanan, dan pikiran negatif mereka. Mereka yang terus-menerus berjuang melawan depresi, tidak pernah merasa nyaman, terisolasi, kritis dan menghakimi, cenderung tidak memiliki teman dekat, dan sering tidak mempercayai orang atau takut pada mereka. Mereka yang merasa terbebani oleh kebutuhan orang lain dan merasa kesal terhadap mereka.

Selain itu, jangan menikahi seorang pecandu, baik itu alkohol maupun obat-obatan. Sebab, kecanduan bisa membatasi tingkat kemampuan pasangan untuk membangun hubungan emosional yang kuat.

Namun, kecanduan juga tidak hanya sebatas obat, tetapi juga bisa berupa ketergantungan pada pekerjaan, internet, hobi, olahraga, belanja, uang, kekuasaan, status, materialisme, dan lainnya.

Dari hal-hal tersebut, ada beberapa hal lainnya yang patut dipertimbangkan. Pada akhirnya, kita mencintai orang yang kita nikahi lebih dari sekadar penampilan mereka. Saat mengenal seseorang yang kita cintai, kita tentunya akan mencintai mereka karena kecantikan hati dan esensi mereka secara keseluruhan.

Selanjutnya, bersikaplah fleksibel dan terbuka dengan pasangan. Selain itu, memberi dalam pernikahan seyogyanya dimaknai dengan membuat orang lain bahagia karena hubungan Anda dengan mereka.

Selain kecantikan, uang, dan kesehatan, moralitas dan spiritualitas adalah kualitas yang benar-benar menentukan seseorang. Sebab, jika seseorang tidak mempertimbangkan Tuhan di setiap tindakannya, maka bagaimana bisa Anda berharap mereka akan memenuhi hak-hak Anda. Memiliki hubungan spiritual yang saling menguntungkan dan berbagi akan mendorong pernikahan yang sukses.

photo
Infografis 4 Etika Istri Keluar Rumah untuk Bekerja - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement