Rabu 24 Mar 2021 18:06 WIB

Puisi Imam Syafii: Tak Ada Cinta Abadi di Dunia

Dunia tidak bisa terus-menerus di atas satu keadaan yang sama.

Puisi Imam Syafii: Tak Ada Cinta Abadi di Dunia
Foto:

Dalam hadits lain disebutkan;

مَا الدُّنْيَا فِي الْآخِرَةِ إِلَّا كَمِثْلِ مَا يَجْعَلُ أَحَدُكُمْ إِصْبَعَهُ هَذِهِ فِي الْيَمِّ فَلْيَنْظُرْ بِمَا يَرْجِعُ وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ

“Perumpamaan antara dunia dgn akhirat ibarat seorang diantara kalian mencelupkan jarinya ke dalam lautan, maka hendaklah ia melihat apa yang menempel padanya. Lalu beliau memberi isyarat dengan jari telunjuknya”. (HR. Ahmad)

Para ahli hikmah berkata, dunia ini seperti air. Hal itu dapat dilihat dari sifat air yang tidak bisa menetap pada satu tempat.

Bagaikan sebuah cinta bahwa cinta di dunia tidak ada yang abadi. Dunia tidak bisa terus-menerus di atas satu keadaan yang sama.

Kita terkadang mempunyai perasaan senang dan pada keadaan lain kita merasakan sepi, dst. Karena air akan pergi menghilang dan tidak akan kekal pada satu tempat.

Begitu pula dunia yang fana akan sirna dan tidak akan kekal abadi. Karena air, tidak ada seorang pun yang bisa memasukinya (air) dalam keadaan tidak basah.

Begitu pula dunia tidak ada seseorang pun yang selamat dari fitnah dunia dan penyakitnya. Karena air tatkala sesuai kadar (keperluan)nya maka akan menjadi bermanfaat dan akan menumbuhkan tanaman, akan tetapi jika air tersebut melampaui kadar (keperluan)nya maka akan menjadi malapetaka yang bisa mematikan.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement