Kamis 02 May 2024 22:16 WIB

Kapan Puasa Syawal 2024 Berakhir?

Puasa Syawal merupakan puasa sunnah yang dilakukan selama enam hari.

Rep: Mgrol150/ Red: Muhammad Hafil
Hidangan berbuka puasa Syawal (Foto: ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Hidangan berbuka puasa Syawal (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Setelah merayakan hari raya Idul Fitri dengan menjalin silaturahmi dengan keluarga, teman, dan orang terdekat, terdapat ibadah puasa yang dapat dilakukan oleh seorang muslim, yaitu puasa Syawal. Puasa Syawal dimulai sehari setelah hari raya Idul Fitri, berikut tanggal berakhirnya puasa Syawal berdasarkan kalender masehi.

Puasa Syawal merupakan puasa sunnah yang dilakukan selama enam hari. Pada tahun ini, puasa Syawal dapat dilaksanakan mulai tanggal 11 April 2024 yang bertepatan dengan masuknya bulan Syawal tahun 1445 Hijriah. Puasa Syawal merupakan suatu pembuktian ketakwaan seseorang. 

Baca Juga

Dalam artian, puasa sunnah tersebut merupakan momen untuk membuktikan bahwa umat muslim dapat mempertahankan, bahkan dapat meningkatkan keimanannya tidak hanya beribadah saat bulan Ramadhan saja. Selain itu, puasa Syawal juga memiliki keutamaan, yaitu jika seseorang melaksanakan puasa Syawal, maka ia akan mendapatkan pahala puasa selama setahun. Dalam Hadits Riwayat Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ، ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِرًّا مِنْ شَوَّالٍ، فَكَأَنَّمَا صَامَ الدَّهْرَ

Artinya : Artinya: "Barang siapa berpuasa di bulan Ramadan lalu dilanjutkan dengan enam hari di bulan Syawal, seakan-akan dia berpuasa sepanjang tahun."

Puasa Syawal dapat dilaksanakan selama enam hari, dimulai dari tanggal 2 Syawal atau bertepatan sehari setelah hari raya Idul Fitri. Waktu yang paling afdhal untuk mengerjakan puasa Syawal yaitu dari tanggal 2 – 7 Syawal, tetapi puasa Syawal dapat dilaksanakan selama enam hari berturut – turut atau bahkan terpisah.

Menurut Kementerian Agama (Kemenag) RI, mengikuti kalender Hijriah Indonesia tahun 2024, 1 Syawal 1445 H yang bertepatana dengan tanggal 10 April 2024 M, sedangkan 30 Syawal 1445 H jatuh pada tanggal 9 Mei 2024 M. Maka, puasa Syawal akan berakhir pada tanggal 9 Mei 2024 pada kalender Masehi, jika bulan Syawal berlangsung 30 hari.

Terdapat niat puasa Syawal yang dapat dibacakan ketika ingin melaksanakan puasa Syawal. Menurut buku karya M. Syukron Maksum yang berjudul, Kedahsyatan Puasa bacaan niat puasa Syawal berbunyi,

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ الشَّوَّالِ لِلهِ تَعَالَى

Arab Latin : Nawaitu shauma ghadin 'an adâ'i sunnatis Syawwâli lillâhi ta'âlâ

Artinya: "Aku niat puasa besok pagi pada bulan Syawal, sunah karena Allah Ta'ala." 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement