Rabu 24 Mar 2021 18:06 WIB

Puisi Imam Syafii: Tak Ada Cinta Abadi di Dunia

Dunia tidak bisa terus-menerus di atas satu keadaan yang sama.

Puisi Imam Syafii: Tak Ada Cinta Abadi di Dunia
Foto:

Allah mempunyai nama yang baik atau Asmaul Husna yaitu zat yang memberikan rezeki atau “Ar-Razzaq”. “Ar-Razzaq” berarti maha pemberi rezeki kepada makhluk-Nya tanpa pernah berhenti hingga sang penerima rezeki meninggal dunia. Bahkan seandainya hamba penerima rezeki itu tidak bersyukur (kufur nikmat), karena Allah mempunyai asma Ar-Razzaq tetap terus memberikan rezeki.

Dalam Al-Qur’ran, sifat Allah “ar-Razzaq” hanya tertulis satu kali saja, yakni dalam surah Adz-Dzariyat ayat 58. Sementara kata “Ar-Raziq” (Raziqin), terdapat dalam enam ayat, seperti dalam surah Al-Maidah ayat 114, surah al-Hajj ayat 58, dan surah Al-Mukminun ayat 72.

Dalam surat Adz-Dzariyat ayat 58 itu Allah SWT telah mengabadikan namanya sebagai satu-satunya Al-khalik yang maha pemberi rezeki. Karena itu dalam bab sifat kematian yang ada pada seorang makhluk, kematian manusia karena memang rezekinya di dunia sudah selesai dan habis.

إِنَّ ٱللَّهَ هُوَ ٱلرَّزَّاقُ ذُو ٱلۡقُوَّةِ ٱلۡمَتِینُ

“Sesungguhnya Allah, Dialah ar-Razzaq Yang mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh”.

Kita sebagai orang yang beriman harus yakin rezeki itu dari Allah SWT. Kadang kesombongan kita muncul manakala sehat, kuat dan diberi kesempatan untuk menjadi orang yang mampu atau kaya.

Dianggapnya bahwa rezeki itu karena dicari dengan sungguh-sungguh sampai melupakan waktu. Kita tidak menyadari bahwa saat kita tidak mampu seperti anak-anak, saat sakit, lemah dan tak berdaya, rezeki dari Allah itu tetap akan mengalirnya dengan deras.

Saat kita berada di rahim ibu misalnya, rezeki itu datang dari Allah dengan derasnya, bahkan sampai kita menjadi mahasiswa ketika belum bekerja, rezeki pun datang dari Allah SWT dengan wasilah orang tua atau orang lain. Itulah pesan yang disampaikan oleh Imam Syafii tentang rezeki pada puisi di atas.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement