Rabu 24 Mar 2021 18:06 WIB

Puisi Imam Syafii: Tak Ada Cinta Abadi di Dunia

Dunia tidak bisa terus-menerus di atas satu keadaan yang sama.

Puisi Imam Syafii: Tak Ada Cinta Abadi di Dunia
Foto:

Dari dua bait puisi di atas, Imam Syafii berpesan kepada kita bahwa di atas dunia ini tidak ada yang abadi. Kesedihan, kebahagiaan, kesengsaraan, dan kemakmuran akan silih berganti hingga pergi tak abadi.

Karena itu jika kita tidak mempunyai sifat merasa cukup atau qanaah berarti kita akan terus rakus seperti para penguasa yang rakus dengan dunia dan kekuasaan. Padahal tidak ada cinta yang abadi di dunia ini. Diibaratkan bahwa dunia ini akan sirna seperti sifat air. Dunia ini seperti air.

Hal ini sebagaimana dalam Firman Allah SWT.,

 { واضرب لهم مثل الحيات الدنيا كماء أنزلناه من السماء}

“dan berilah perumpamaan kepada mereka (manusia), kehidupan di dunia seperti air yang kami turunkan dari langit” (al-Kahfi : 45)

Juga terdapat dalam hadis, dari Al-Mustaurid bin Syaddad–semoga Allah meridhoinya- ia berkata : Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

وَاللهِّ مَا الدُّنْيَا فِي الآخِرَةِ إِلاَّ مِثْلُ مَا يَجْعَلُ أَحَدُكُمْ إِصْبَعَهُ فِي الْيَمِّ فَلْيَنْظُرْ بِمَ يَرْجِعُ؟

“Demi Allah, tidaklah dunia dibandingkan akhirat kecuali seperti seseorang dari kalian mencelupkan jarinya ke laut, maka lihatlah apa yang tersisa di jarinya jika ia keluarkan dari laut?” (HR Muslim no 2868).

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement