Selasa 14 Dec 2021 12:58 WIB

Buku Pengantar Aljabar Karya Al Khawarizmi

Al Khawarizmi adalah salah satu ilmuwan matematika terbesar di dunia.

Buku Pengantar Aljabar Karya Al Khawarizmi. Ilustrasi Ilmuwan Muslim
Foto:

Selain sebagai seorang ilmuwan matematika, Al Khawarizmi juga dikenal sebagai seorang geografer. Ia tertarik dengan penampakan muka bumi, garis lingkar bumi, jarak antarwilayah, serta kota-kota.

Ia pernah membuat peta dunia yang dipersembahkan kepada Kalifah Al Ma’mun. Buku geografi yang ia tulis berjudul Kitāb ṣūrat al-arḍ atau Gambaran tentang Bumi. Di sini ia menulis perihal koordinat berbagai tempat di muka bumi.

Dalam menulis buku ia menjadikan buku klasik di bidang geografi karya ahli ilmu bumi Yunani yang hidup di abad kedua Masehi, Ptolomeus, yang berjudul Geographica, sebagai sumber. Tak hanya menjadikannya sebagai sumber informasi, Al Khawarizmi juga memperbaiki berbagai kekurangan yang ada di buku Ptolomeus yang terbit berabad-abad sebelumnya ini, khususnya menyangkut geografi Afrika dan Dunia Arab.

Walau Al Khawarizmi sudah lama tutup usia, namun warisan intelektualnya masih dibaca orang hingga kini. ia dianggap sebagai pelopor terpandang di ilmu matematika khususnya di tiga bidangnya: aljabar, trigonometri, dan aritmatika.

Namanya bahkan diabadikan menjadi satu konsep di dalam ilmu matematika, algorithm. Ini diambil dari namanya yang ada di bukunya, Algoritmi de numero Indorum. Algorithm di dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai algoritme. Kata algoritme oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diterangkan sebagai “prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas”.

Sumber: Majalah SM Edisi 22 Tahun 2018

Link artikel asli

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement