Kamis 04 Mar 2021 15:38 WIB

Tanggapan para Raja Ketika Diseru Nabi Muhammad Masuk Islam

Surat dan pesan merupakan metode penting dakwah Nabi Muhammad SAW.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Tanggapan para Raja Ketika Diseru Nabi Muhammad Masuk Islam.
Foto:

Mundhir ibn Sawa

Ketika Gubernur Bahrain Mundhir ibn Sawa menerima surat Nabi, dia lalu menerima Islam. Tanggapannya dikirimkan dengan surat yang ditujukan kepada Nabi dan terdokumentasi sebagai berikut.

"Utusan Allah! Saya menerima perintah Anda. Sebelumnya, saya membaca surat Anda, yang Anda tulis kepada orang-orang Bahrain yang menyampaikan kepada mereka undangan ke Islam," tulisnya. 

"Islam menarik bagi beberapa dari mereka dan mereka masuk ke dalam Islam, sementara yang lain tidak menganggapnya menarik. Di negara saya, ada Majusi dan Yahudi yang hidup, dan Anda dapat memberi tahu saya tentang perawatan yang akan diberikan kepada mereka," tambahnya.

Rasulullah menjawabnya kembali menginformasikan kepadanya tentang ajaran Islam yang dapat diringkas dalam surat Al-Baqarah ayat 256. 

"Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement