Kamis 04 Mar 2021 15:38 WIB

Tanggapan para Raja Ketika Diseru Nabi Muhammad Masuk Islam

Surat dan pesan merupakan metode penting dakwah Nabi Muhammad SAW.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Tanggapan para Raja Ketika Diseru Nabi Muhammad Masuk Islam.
Foto:

Muqawqis

Al-Muqawqas merenungkan isi surat itu secara mendalam saat membaca surat Nabi Muhammad SAW. Ia menerima surat dan utusan Nabi dengan baik bahkan memberi Rasulullah beragam hadiah. 

"Saya telah sampai pada keyakinan bahwa Nabi ini tidak menawarkan sesuatu yang menjijikkan;  dia bukan pesulap yang tersesat atau peramal yang berbohong. Dia membawa benih kenabian yang nyata, jadi saya akan mempertimbangkan ajakan itu secara mendalam," katanya. 

Al-Muqawqis juga memerintahkan agar surat itu ditempatkan dalam peti dari gading dan disimpan dengan aman di kas pemerintah.  Dia mengirim Nabi jawaban berikut:

"Dari Al-Muqawqis, saya membaca surat Anda dan memahami apa yang Anda tulis. Saya tahu kedatangan seorang Nabi masih akan datang. Tapi saya pikir, dia akan lahir di Suriah. Saya telah memperlakukan utusan Anda dengan hormat dan hormat," tulisnya. 

"Saya mengirim dua pelayan untuk Anda sebagai hadiah. Para pelayan ini milik keluarga yang sangat terhormat di antara kami. Selain itu, saya mengirimkan pakaian dan Duldul (kuda) untuk berkuda.  Semoga Tuhan memberikan keamanan pada Anda," tambahnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement