Jumat 11 Aug 2023 08:17 WIB

Canda-Canda Saudah yang Membuat Nabi Muhammad Tertawa

Saudah bintu Zam'ah merupakan istri kedua Rasulullah.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslimah
Foto: MGROL100
Ilustrasi Muslimah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saudah bintu Zam'ah bin Qois radhiyallahu anha merupakan istri kedua Rasulullah yang dinikahi setelah meninggalnya Khadijah. Saudah dinikahi Nabi ketika berusia 55 tahun. Saudah juga dikenal akan candanya yang membuat Nabi Muhammad ﷺ tertawa.

Seperti dikutip dari buku The Wonderful Ummahatul Mukminim oleh Erlan Iskandar, Saudah tak jarang membuat Nabi tertawa bahagia. Setidaknya ada dua kisah unik tentang hal ini. Kisah pertama terjadi di suatu malam, di mana Saudah sholat di belakang Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Baca Juga

Saudah berkata, "Wahai Rasulullah, semalam aku sholat di belakangmu. Sampai dimana engkau ruku', mengenai diriku. Lantas aku pun memegang hidungku khawatir jika mimisan." (Riwayat Ibnu Sa'ad, 8:54).

Mendengar ucapan Saudah, Nabi pun tertawa. Begitulah Saudah, ia merupakan wanita yang bisa menghibur Nabi dan membuat Nabi tertawa.

 

Kisah kedua, terjadi tatkala Aisyah membawakan sebuah makanan yang bernama Khazirah, masakan berupa daging yang diiris kecil-kecil yang dicampur dengan tepung gandum kepada Nabi SAW dan Saudah.

Kemudian, Aisyah pun menawarkan kepada Saudah untuk memakannya. Tapi Saudah menolak. Aisyah mencandai Saudah dengan mengatakan akan mengoleskan makanan tersebut ke wajahnya kalau Saudah tak mau makan. 

Suasana saat itu memang sedang ceria dan senang. Aisyah pun menaruh tangannya di atas Khazirah, lalu mengoleskannya ke wajah Saudah. Nabi kemudian meraih tangann Saudah, lalu diletakkan di atas Khazirah, dan menyuruh Saudah untuk mengoleskan balik ke wajah Aisyah. Nabi pun tertawa melihat kejadian ini.

Tiba-tiba Umar hendak lewat, Nabi pun menyuruh Aisyah dan Saudah untuk membasuh wajah mereka berdua. Sungguh terlihat begitu bahagia keluarga Nabi kita tercinta.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement