Rabu 16 Nov 2022 20:02 WIB

Kisah Tobatnya Orang-Orang Saleh

Tobat adalah kembalinya seorang hamba kepada Allah.

Tobat (ilustrasi).
Foto:

Sebelum mengungkapkan kisah-kisah tobatnya orang-orang yang sempat salah jalan, Ibnu Qudamah menjelaskan tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan seseorang yang akan bertobat. Menurutnya, untuk mencapai tobat nasuha, seorang hamba perlu introspeksi diri.

 "Seseorang yang telah mengoreksi dirinya akan mengetahui mana yang benar," ungkap Ibnu Qudamah.

Selain itu, kata dia, tobat pun harus diapit dengan dua muhasabah, yakni muhasabah sebelum dan sesudah tobat. Muhasabah sebelum tobat, papar dia, akan melahirkan sikap mau belajar dari peristiwa atau kejadian yang telah dilalui.

Hal itu, kata Ibnu Qudamah, sangat penting agar seorang hamba tak terjatuh ke dalam kubangan yang sama untuk kedua kalinya. Menurutnya, tobat adalah pokok permulaan hidup seseorang, sekaligus menjadi roh akhir hidup seseorang.

Orang yang bertobat, seperti dijanjikan Allah SWT, akan meraih keuntungan (QS an-Nur: 31), dan orang yang tak mau bertobat adalah orang-orang yang zalim (al-Hujurat: 11).

"Tobat adalah kembalinya seorang hamba kepada Allah," papar Ibnu Qudamah.

Seseorang, lanjut dia, tak bisa menempuh jalan tobat kecuali dengan hidayah Allah, yaitu jalan yang lurus. Menurutnya, hidayah Allah tidak bisa didapat tanpa mendapat pertolongan Allah dan mengesakan-Nya.

Syarat tobat 

 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement