Selasa 28 Jun 2022 05:39 WIB

Tiga Alat Musik Ini Ternyata Berasal dari Timur Tengah

Umat Islam memasukkan instrumen sebagai bagian dari perayaan dan sebelum bertempur.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Anggota Scottish Link Pipe Band memainkan alat musik bagpipe khas Skotlandia, Inggris dalam parade di Paulista Avenue, Sao Paulo, Brasil. Tiga Alat Musik Ini Ternyata Berasal dari Timur Tengah
Foto:

2. Rebana

Rebana dibuat dari drumhead yang direntangkan di atas bingkai kayu melingkar dan memiliki cakram logam melingkar yang saling bertabrakan, menghasilkan suara gemerincing khasnya. Meskipun ada perdebatan tentang asal usul instrumen yang tepat, ada konsensus umum tentang gagasan instrumen itu pertama kali muncul di Timur Tengah.

Para arkeolog juga telah menemukan sosok-sosok kecil dan patung-patung Sumeria yang menggambarkan wanita memegang rebana, yang berasal dari tahun 2000 SM. Orang Mesir kuno dan Asyur juga menggunakan instrumen dalam upacara keagamaan, memberikan ketukan untuk tarian ritual.

Dalam Kitab Keluaran, kakak perempuan Musa, Miriam, digambarkan sedang bermain rebana untuk merayakan pelarian bangsa Israel dari Mesir. Penyebutan instrumen lain dalam Alkitab mengaitkannya dengan acara dan perayaan yang menggembirakan.

Instrumen itu kemudian dibawa ke Eropa dengan Tentara Salib yang kembali selama abad ke-13, di mana ia dimainkan terutama oleh wanita untuk hiburan malam. Kemudian pada 1800-an, instrumen itu digunakan di band militer, khususnya di Inggris dan Amerika Serikat selama rapat umum dan pawai. Mengingat desainnya yang sederhana, instrumen ini telah mengembangkan banyak variasi selama berabad-abad tetapi ide dasarnya masih tetap sesuai dengan asal-usul Timur Tengah kunonya.

photo
Perajin membuat alat musik rebana di Bumiayu, Malang, Jawa Timur, Senin (11/4/2022). Perajin rebana tersebut mengaku kesulitan memenuhi permintaan yang meningkat dari 30 unit menjadi 50 unit per bulan, terutama saat bulan Ramadhan tahun ini seiring kembali diadakannya pertunjukkan musik banjari atau hadrah di sejumlah daerah. - (Antara/Ari Bowo Sucipto)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement