Rabu 29 Sep 2021 08:26 WIB

Apa Hukum Istri Berutang tanpa Izin Suami?

Istri harus patuh pada suami yang taat pada Allah.

Apa Hukum Istri Berutang tanpa Izin Suami?
Foto:

Permasalahan lain yang juga sering muncul adalah lebih diutamakan mana antara orang tua dan suami? Orang yang mengerti agama tidak akan pilah-pilih sebab semua itu adalah kewajiban yang harus terlaksana dengan baik, tanpa ada yang terabaikan.

Dalam berbagai ceramah, sering disampaikan riwayat betapa istri harus mengutamakan suami di atas segalanya, sampai-sampai ibunya sakit hingga wafat pun, istri tidak berani menjenguk karena pesan suami yang melarangnya keluar rumah. Sungguh sampai saat ini tidak ditemukan riwayat ini dalam kitab-kitab hadits, karena itu amat diragukan kebenarannya.

Andai benar terjadi, maka ini bukan kesetiaan, tapi ketidakmengertian, bahkan kebodohan. Andai riwayat ini benar ada, maka pastilah bukan hadits sehingga tidak bisa dijadikan dasar hukum, apalagi dengan melangkahi Alquran dan hadis sahih.

Lupakah mereka betapa banyaknya ayat Alquran dan hadits sahih yang menekankan kewajiban berbakti kepada orang tuanya tanpa batas waktu, di samping kewajiban patuh pada suami dengan syarat suami juga patuh pada Allah dan sudah menunaikan kewajibannya sebagai suami. Wallahu a'lam.

sumber : Fiqih Kontemporer Buku 3 oleh KH Ahmad Zahro terbitan Qaf Media Kreativa
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement