Kamis 22 Jul 2021 19:00 WIB

Belajar Ilmu Sejarah dari Kitab Muqaddimah Ibnu Khaldun

Ibnu Khaldun menekankan bagaimana mendapatkan pengetahuan sejarah secara ilmiah.

Belajar Ilmu Sejarah dari Kitab Muqaddimah Ibnu Khaldun. Belajar filsafat dan sosiologi bersama Ibnu Khaldun.
Foto:

Di bagian awal Muqaddimah, Ibnu Khaldun menegaskan tentang betapa pentingnya sejarah. Indikasinya, menurutnya, adalah fakta bahwa sejarah merupakan salah satu ilmu yang banyak dipelajari oleh berbagai bangsa serta oleh berbagai generasi.

Peristiwa sejarah merupakan media bagi manusia untuk mempelajari manusia lainnya, serta untuk memahami bagaimana perubahan terjadi. Ini terutama sekali tampak pada perkembangan negara-negara, mulai dari kelahirannya, perkembangannya, ekspansinya ke tempat lain, kemegahan dan kemakmuran yang dicapainya, hingga akhirnya keruntuhannya.

Di samping menekankan manfaat mempelajari sejarah, Ibnu Khaldun dalam Muqaddimah juga membangun pengertian tentang bagaimana mendapatkan pengetahuan sejarah secara ilmiah. Bagi Ibnu Khaldun, penulisan sejarah di masa sebelumnya belum memenuhi standar penulisan yang tepat.

Baginya, sejarah tak lain dari ‘observasi dan usaha mencari kebenaran (tahqiq)’. Dari sanalah orang akan mendapatkan penjelasan yang rasional tentang asal usul dan penyebab terjadinya suatu peristiwa.

Namun, masalahnya, tulis Ibnu Khaldun: 

…orang-orang yang tidak berhak mencampuri sejarah—disadari atau tidak—telah memasukkan gosip dan cerita-cerita palsu ke dalam buku-buku sejarah tersebut sebagai bumbu penyegar. Tindakan ini diikuti oleh orang-orang yang datang sesudahnya. Kemudian, mereka meneruskan informasi itu kepada kita sebagaimana mereka telah mendengarnya.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement