Sabtu 03 Jul 2021 01:51 WIB

Mengenal Karakter Seseorang Melalui Ilmu Kuno ini

Ilmu mengenal karakter seseorang sudah ada sejak zaman kuno.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Kekuasaan Utsmani (Ottoman).
Foto:

Ada satu tokoh terkenal yang ahli dalam ilmu tersebut. Dia adalah Fakhrudin al-Razi (1149-1210), yang merupakan salah satu otoritas dalam disiplin tafsir.

Selain dia, ulama sufi terkenal Ibn Arabi (1165-1240) juga dianggap sebagai master ilmu ini. Ada informasi tentang ilmu ini dalam buku terkenal Kutadgu Bilig, salah satu buku tertua dalam sastra Turki, yang ditulis oleh negarawan Yusuf Khass Hajib Balasguni yang hidup pada abad ke-11. 

Seperti disebutkan sebelumnya, informasi ini tercermin dalam puisi dan banyak karya yang disebut "Kiyafetname" ditulis di era Ottoman. Meski diketahui bahwa karya-karya ini ditulis sebelum masa pemerintahan Sultan Mehmed II, contoh-contoh paling awal tidak bertahan hingga hari ini.

Kiyafetname tertua yang telah mencapai zaman kita adalah karya 153 bait penyair Hamdullah Hamdi. Hamdullah Hamdi adalah putra bungsu Akshamsaddin, salah satu guru sufi Sultan Mehmed II.

Nama-nama kiyafet yang paling terkenal, banyak di antaranya kurang lebih merupakan pengulangan satu sama lain, yang adalah milik Sufi Erzurumlu Ibrahim Hakk. Dia menangani subjek ini secara rinci dalam bukunya "Marifetname" ("Book of Gnosis"), yang merupakan salah satu karya yang paling banyak dibaca di Kekaisaran Ottoman.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement