Sabtu 03 Jul 2021 01:51 WIB

Mengenal Karakter Seseorang Melalui Ilmu Kuno ini

Ilmu mengenal karakter seseorang sudah ada sejak zaman kuno.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Kekuasaan Utsmani (Ottoman).
Foto:

Dalam puisi "Kiyafetname" dalam buku ini, digambarkan mengenai karakteristik anggota badan seperti tinggi, rambut, kepala, kulit, dahi, alis, telinga, mata, wajah, warna wajah, hidung, mulut, suara, kata-kata, bibir, gigi, dagu, jenggot dan leher. Masing-masing membuat penilaian yang sesuai.

Tipe yang ideal adalah yang berukuran sedang dan memiliki kepala kecil, wajah datar dan bulat, rambut hitam atau pirang, alis busur hitam, bulu mata sering, tangan kecil, jari panjang dan lembut, dan daging lembut.

Tidak mungkin untuk menjelaskan semua secara ilmiah dan logis. Dalam konteks ini, ketajaman ilmiah penulis diandalkan. Tidak ada keraguan bahwa sebagian besar kecerdasan ini mencerminkan pengalaman dan pengamatan yang luas, dan banyak di antaranya yang akurat. 

Menurut Alquran,penciptaan manusia adalah bentuk yang paling indah dan sempurna. Dalam sabda Nabi Muhammad SAW, manusia adalah makhluk yang berbeda dengan makhluk lain yang diciptakan. Manusia adalah esensi dunia dan biji mata makhluk. Dia memiliki semua sifat alam semesta. Untuk alasan ini, hubungan antara moralitas dan penampilan luar manusia telah disorot dalam Alquran juga. Surah Al-Fath Ayat 29 menegaskan bahwa dunia batiniah manusia tercermin dalam citranya.

Seorang penyair Utsmaniyah pernah berkata, "Siapa yang berwajah rupawan, maka ia memiliki akhlak yang baik". Ekspresi wajah rupawan yang dimaksud di sini bukan hanya kecantikan fisik. Ini adalah keindahan dalam tersenyum, mencintai, dan merekalah orang-orang yang positif.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement