Jumat 03 May 2024 14:48 WIB

Reaksi Ayah Abu Bakar Saat Putranya Bawa Semua Harta untuk Hijrah Tinggalkan Makkah

Abu Bakar adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang memiliki tempat tersendiri.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: MgIt03
Ilustrasi Sahabat Nabi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jamak diketahui Abu Bakar Ash Shiddiq membawa semua hartanya saat hijrah dari Makkah ke Madinah bersama Nabi Muhammad SAW. Lalu ditanya oleh Nabi Muhammad SAW soal apa yang dia ditinggalkan untuk keluarganya.

Kemudian, Abu Bakar menjawab, "Aku meninggalkan Allah SWT dan Rasul-Nya." Abu Bakar adalah orang pertama yang masuk Islam dan menegakkan Islam dengan jiwa dan hartanya.

Baca Juga

Dia adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang memiliki tempat tersendiri. Kedekatannya dengan Nabi SAW tidak bisa diungguli oleh siapapun.

Salah satu kisah populernya adalah itu tadi, ketika dia membawa semua harta pada saat hijrah dari Makkah ke Madinah, menemani Nabi Muhammad SAW. Namun, di baliknya ternyata ada cerita tersendiri terkait reaksi anggota keluarganya, dalam hal ini ayah Abu Bakar.

 

Sejarawan Muslim, Ibnu Ishaq, meriwayatkan apa yang terjadi di dalam keluarga Abu Bakar setelah dirinya memutuskan membawa seluruh harta untuk hijrah dari Makkah ke Madinah. Riwayat ini disebutkan dalam Ibunda para Ulama karya Sufyan bin Fuad Baswedan.

Ibnu Ishaq meriwayatkan dari Asma binti Abu Bakar yang berkata:

Selanjutnya...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement