Selasa 25 May 2021 04:25 WIB

Daftar Penjelajah Muslim dari Zaman Keemasan

Ada banyak nama penjelajah Muslim yang tercatat dalam sejarah.

Perjalanan Ibnu Batuta, Ilustrasi
Foto:

11. Ibn Battuta, abad ke-14

Ibn Battuta baru berusia 21 tahun pada tanggal 13 Juni 1325, ketika ia berangkat sendirian dengan keledai pada awal perjalanan darat sejauh 3.000 mil ke Mekah dari Tangier di Maroko. Dia meninggalkan keluarga, teman, dan kampung halamannya, dan tidak akan bertemu mereka lagi selama 29 tahun.  

Beberapa tidak pernah dia lihat, karena wabah mencapai mereka sebelum dia kembali. Dia melakukan perjalanan dengan berjalan kaki, berkuda, dan berlayar lebih dari 75.000 mil, melewati lebih dari 40 negara modern. 

Catatannya telah menempatkan dunia abad pertengahan sebelum kita, jadi kita tahu bahwa emas melakukan perjalanan dari selatan Sahara Afrika ke Mesir dan Suriah; para jamaah terus mengalir ke dan dari Mekah; kerang dari Maladewa dikirim ke Afrika Barat; tembikar dan uang kertas datang ke barat dari China.  

Ibn Batutah juga berhutang bersama dengan wol dan lilin, emas dan melon, gading dan sutra, syekh dan sultan, orang bijak dan sesama jamaah. Dia bekerja sebagai qadi, hakim, untuk sultan dan kaisar, perjalanannya tur akbar, percampuran doa, bisnis, petualangan, dan mengejar ilmu.  

Dia kembali ke kota asalnya tiga dekade kemudian dan menceritakan kisah-kisah tentang negeri yang jauh dan eksotis. Sultan Fez (Fes), Abu 'Inan, memintanya untuk menuliskan pengalamannya di Rihla, sebuah buku perjalanan, dan dengan seorang juru tulis kerajaan, Ibn Juzayy, dia menyelesaikan tugasnya dalam dua tahun.  

Catatannya tentang Mali abad pertengahan di Afrika Barat adalah satu-satunya catatan yang kita miliki saat ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement