Selasa 25 May 2021 04:25 WIB

Daftar Penjelajah Muslim dari Zaman Keemasan

Ada banyak nama penjelajah Muslim yang tercatat dalam sejarah.

Perjalanan Ibnu Batuta, Ilustrasi
Foto:

2. Abu Zayd Hasan, Abad ke-9

Dia adalah seorang Muslim dari Siraf, dan menceritakan tentang perahu yang berlayar ke China dari Basra di Irak dan dari Siraf di Teluk. Perahu China, yang jauh lebih besar dari perahu Muslim, juga mengunjungi Siraf, tempat mereka memuat barang dagangan yang dibeli dari Basra. Abu Zayd juga berurusan dengan tanah Khmer dan populasinya yang luas.

3. Ibn Wahhab, Abad ke-9

Dia adalah seorang pedagang dari Basra yang berlayar ke China dan menggambarkan ibu kota China terbagi menjadi dua bagian, dipisahkan oleh jalan yang lebar dan panjang.  

Di satu sisi kaisar, rombongan, dan pemerintahan tinggal, dan di sisi lain tinggal para pedagang dan rakyat biasa.  Pada pagi hari, para pejabat dan pelayan dari pihak kaisar memasuki yang lain, membeli barang, pergi, dan tidak berbaur lagi.

4. Al – Muqaddasi, (ca 945–1000)

Dia adalah seorang ahli geografi yang berangkat dari rumahnya di Yerusalem berabad-abad sebelum Ibn Battuta. Dia juga mengunjungi hampir setiap bagian dunia Muslim dan menulis sebuah buku berjudul Divisi Terbaik untuk Pengetahuan Daerah, diselesaikan sekitar tahun 985. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement