Selasa 25 May 2021 04:25 WIB

Daftar Penjelajah Muslim dari Zaman Keemasan

Ada banyak nama penjelajah Muslim yang tercatat dalam sejarah.

Perjalanan Ibnu Batuta, Ilustrasi
Foto:

 9. Ibn Sa'id al-Maghribi, abad ke-13

Dia memberikan garis lintang dan garis bujur dari setiap tempat yang dia kunjungi, dan banyak menulis tentang pulau-pulau di Samudra Hindia dan kota-kota pesisir India.

10. Al-Dimashqi, Abad ke-14

Dia memberikan catatan yang sangat rinci tentang pulau Al-Qumr, juga disebut Pulau Melayu atau Kepulauan Melayu.  Dia berkata ada banyak kota kecil dan kota besar; kaya, hutan lebat dengan pohon-pohon besar dan tinggi; dan gajah putih.  

Al- Dimashqi juga menceritakan mengenai burung raksasa yang disebut Rukh, seekor burung yang telurnya seperti kubah. Rukh ditampilkan dalam cerita tentang beberapa pelaut yang memecahkan dan memakan isi telurnya;  burung raksasa itu mengejar mereka di laut, membawa batu besar, yang dilemparkannya ke arah mereka tanpa henti. Para pelaut hanya melarikan diri dengan nyawa mereka di bawah penutup malam. 

Kisah ini, seperti kisah lain oleh para pelancong, menjadi dasar dari banyak kisah yang memperkaya sastra Islam, seperti Petualangan Sinbad sang Pelaut dan Seribu Satu Malam. Kekayaan berusia seribu tahun ini telah menginspirasi banyak penulis dan pembuat film.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement