Selasa 25 May 2021 04:25 WIB

Daftar Penjelajah Muslim dari Zaman Keemasan

Ada banyak nama penjelajah Muslim yang tercatat dalam sejarah.

Perjalanan Ibnu Batuta, Ilustrasi
Foto:

5. Ibn Khurradadhbih, Abad ke-10

Dia menulis Kitab Jalan dan Provinsi, yang memberikan gambaran tentang jalur perdagangan utama dunia Muslim, mengacu pada China, Korea, dan Jepang, dan menggambarkan pantai Asia selatan sejauh Sungai Brahmaputra, Kepulauan Andaman, Malaya, dan Jawa. Ibn Khurradadhabih meninggal pada tahun 912.

6. Ibn Fadlan, Abad ke-10

Ibn Fadlan adalah seorang penulis sejarah Arab, dan pada 921 khalifah Baghdad mengirimnya dengan misi diplomatik ke raja Bulgaria dari Volga Tengah. Dia menulis kisah perjalanannya, dan ini disebut Risalah. 

Seperti Ibn Battuta's Rihla, Risalah sangat berharga karena menggambarkan tempat dan orang-orang di Eropa utara, khususnya orang yang disebut Rus dari Swedia. 

7. Yaqut al-Hamawi, Abad ke-13 

Dia adalah seorang ahli geografi yang menulis Kamus Negara tentang negara, wilayah, kota, dan kota yang dia kunjungi, semua dalam urutan abjad, memberikan lokasi yang tepat, dan menggambarkan monumen, sumber daya, sejarah, populasi, dan tokoh terkemuka. 

8. Zakariya 'ibn Muhammad al-Qazwini, abad ke-13

Dia meninggalkan catatan tentang makhluk luar biasa yang tumbuh subur di Laut China, terutama ikan yang sangat besar (mungkin paus), kura-kura raksasa, dan ular mengerikan, yang mendarat di pantai untuk menelan kerbau dan gajah utuh. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement