Ahad 28 Mar 2021 05:35 WIB

Banyak Amalan Baik, Mana yang Prioritas?

Tindakan yang berhubungan dengan karakter memiliki prioritas yang sangat tinggi.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Banyak Amalan Baik, Mana yang Prioritas?
Foto:

Amalan di waktu yang tepat

Konsep yang sangat penting yang akan membantu kita menetapkan prioritas adalah tindakan yang paling sesuai dengan waktu. Tindakan terbaik saat adzan adalah dengan segera mendirikan sholat.

Perbuatan terbaik sebelum fajar adalah meminta ampun kepada Allah. Tindakan terbaik saat orang kelaparan adalah menyediakan makanan untuk mereka. Tindakan terbaik saat musuh menyerang adalah berjuang melawan musuh.

Seorang Muslim yang memahami konsep ini akan selalu melakukan sesuatu yang sangat tepat dan lebih bermanfaat. Mereka yang membatasi diri dalam jenis tindakan tertentu tanpa menyadari waktu akan kehilangan banyak pahala.

Mungkin ada tindakan yang umumnya lebih penting daripada yang lain. Membaca Alquran umumnya lebih bermanfaat daripada mengulang adzan. 

Keseimbangan dan moderasi

Kita harus menyadari keseimbangan dan kesederhanaan adalah kualitas fundamental agama kita dan atribut yang sangat penting dari tradisi Nabi. Nabi membimbing para sahabatnya untuk membangun kehidupan yang seimbang.

Ketika dia melihat beberapa temannya menjadi berlebihan dalam melakukan tindakan tertentu, dia akan membawa mereka kembali ke kesederhanaan bahkan jika tindakan tersebut adalah tindakan yang benar. 

Salman Al-Farisi memberi tahu Abu Al-Darda ketika dia melihatnya lebih fokus pada ibadah dan mengabaikan keluarga dan kesehatannya, Nabi bersabda: “Jiwa Anda memiliki hak atas Anda; Tuhanmu memiliki hak atasmu; tamu Anda memiliki hak atas Anda dan istri Anda memiliki hak atas Anda; Jadi, berikan masing-masing hak mereka,”. Hadits ini diriwayatkan Imam At-Tirmidzi dan Imam Al-Bukhari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement