Ahad 28 Mar 2021 05:35 WIB

Banyak Amalan Baik, Mana yang Prioritas?

Tindakan yang berhubungan dengan karakter memiliki prioritas yang sangat tinggi.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Banyak Amalan Baik, Mana yang Prioritas?
Foto:

Perbuatan yang menguntungkan orang lain

Saat menetapkan prioritas kita dan memutuskan fokus kita, kita harus mempertimbangkan tindakan yang menguntungkan orang lain memberi lebih banyak pahala. Itulah mengapa memanggil orang kepada Allah dan membimbing mereka ke jalan-Nya adalah pekerjaan paling mulia yang pernah ada; itulah tugas utusan Allah.

Allah berfirman dalam Alquran Surah Fussilat ayat 33: “Siapa yang lebih baik dalam kata-kata daripada dia yang memanggil orang kepada Allah dan bertindak dengan benar dan mengatakan saya dari Muslim,”.

Itulah sebabnya ketika anak Adam meninggal, tindakannya berhenti kecuali pengetahuan yang bermanfaat bagi orang lain, anak shalih yang mendoakannya, atau amal yang terus berjalan yang terus memberi manfaat bagi orang lain.

Ibnu Abbas berkata, Rasulullah berkata bahwa lebih baik bagi seseorang berjalan dalam pelayanan saudaranya daripada mundur di masjid selama sepuluh tahun. Dia meriwayatkan hadits ini ketika dia keluar dari retretnya untuk membantu seorang teman membayar utangnya ketika temannya terkejut bahwa Ibnu Abbas membubarkan retretnya di Masjid Nabi untuk membantunya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement