Ahad 28 Mar 2021 05:35 WIB

Banyak Amalan Baik, Mana yang Prioritas?

Tindakan yang berhubungan dengan karakter memiliki prioritas yang sangat tinggi.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Banyak Amalan Baik, Mana yang Prioritas?
Foto:

Itulah tepatnya yang kita lakukan ketika kita mengerahkan tenaga dan waktu kita dalam tindakan opsional mengabaikan apa yang Allah kehendaki. Bahkan dalam kewajiban, seseorang harus fokus pada jenis kewajiban yang dibuat Allah kepadanya secara individu.

Ini disebut fardhu ʻayni (kewajiban individu). Ini diutamakan daripada fardhu kifayah (kewajiban kolektif); kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi oleh umat Islam sebagai komunitas.

Lebih lanjut, beberapa kewajiban kolektif lebih dari pada yang lain. Misalnya, jika Anda seorang dokter, Anda wajib berperan dalam kesehatan masyarakat lebih dari yang lain. Mereka yang memiliki pengetahuan syari'ah lebih berkewajiban mengajar dan berdakwah daripada yang lain.

Memenuhi kewajiban individu dan kewajiban komunitas yang dapat Anda lakukan lebih baik. Sekali lagi, ini sama sekali tidak mengurangi pentingnya dan pahala yang dihasilkan dari tindakan opsional.

Sebaliknya, itu hanya memberi mereka prioritas yang benar jika dibandingkan dengan tindakan wajib. Meski demikian, umat Islam juga perlu memperhatikan amalan-amalan berikut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement