Sabtu 16 Dec 2023 00:01 WIB

Jangan Sepelekan Sholat Sunnah, Ini 7 Ganjaran Bagi yang Mendirikan

Jangan sepelekan sholat sunnah.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Gerakan shalat saat sedang bersujud (ilustrasi).
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Gerakan shalat saat sedang bersujud (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika ibadah wajib diibaratkan seperti modal, maka ibadah sunnah diibaratkan untung. Maka, jangan pernah meninggalkan ibadah wajib, pun demikian jangan sepelekan sholat-sholat yang bersifat sunnah.

Tidak semua orang dapat secara konsisten (istiqomah) dalam menjalankan ibadah sholat sunnah. Untuk itu perlu diketahui lebih jauh beberapa keutamaan mendirikan sholat sunnah.

Baca Juga

Dalam buku Klasifikasi Shalat Sunnah dan Keutamaannya karya Muhammad Ajib dijelaskan, dengan mengetahui keutamaan bagi yang mendirikan sholat sunnah maka diharapkan seseorang dapat menjadi semangat dan tergerak hatinya dalam menjalankan ibadah sunnah secara istiqomah.

Imam Nawawi bahkan menjelaskan pentingnya sholat sunnah. Beliau berkata bahwa sudah semestinya bagi umat Muslim untuk senantiasa menjaga dan memperbanyak sholat-sholat sunnah. Berikut beberapa fadhilah (keutamaan) dalam melaksanakan ibadah sholat sunnah.

Keutamaan Sholat Sunnah

1. Menutupi kekurangan sholat fardhu

Sholat fardhu lima kali sehari bisa jadi kita lakukan dengan kurang sempurna, bisa karena tidak khusyuk dan lain sebagainya. Untuk menutupi kekurangan itu, maka dengan mengerjakan sholat sunnah rawatib maka insya Allah sholat fardhu akan tertupi kekurangannya.

Namun yang perlu digarisbawahi adalah, sholat sunnah ini hanya bisa menutupi kekurangan sholat fardhu, bukan menutupi kekurangan seperti sholat yang batal atau tidak sah dalam sholat fardhu yang tertinggal bertahun-tahun lamanya.

Ibadah paling afdhal...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement