Sabtu 13 Mar 2021 05:05 WIB

Saat Malas Beribadah, Apa yang Harus Dilakukan?

Kurangnya motivasi beribadah berasal dari kurangnya pemahaman.

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Saat Malas Beribadah, Apa yang Harus Dilakukan? Ibadah di rumah. (Ilustrasi).
Foto:

3. Rajin sholat

Sadaf menceritakan tentang seorang pria pada era 1800-an yang ingin menikahi seorang perempuan yang sudah memiliki suami. Ia mendatangi suami dari perempuan tersebut untuk memintanya menceraikan istrinya sehingga bisa menikahinya.

Suami perempuan itu, sebagai individu yang sangat taat, menghargai kejujurannya. Namun, ia mengatakan jika laki-laki itu sholat lima waktu selama 40 hari, maka ia siap menceraikan istrinya. 

Setelah 40 hari beribadah secara rutin, pria yang ingin menikahi perempuan bersuami itu merasakan percikan di hatinya. Ia menyadari betapa kesalahan besar yang dia lakukan karena memiliki niat buruk untuk seorang perempuan yang sudah menikah. Ia kemudian datang dan meminta maaf pada suami perempuan itu.

Kisah ini mengatakan ketika kita sholat dengan hati yang benar, itu membersihkan kesadaran dan membuat kita menyadari hal baik dan membedakannya dari yang buruk. Sholat adalah hubungan dengan Allah SWT.

Ketika berdiri untuk sholat, kita harus menyadari sedang berdoa kepada Pemilik atau Dunia, dan itu adalah hubungan khusus yang telah dianugerahkan. Allah SWT telah memilih kita daripada orang lain untuk dibimbing dengan benar dan berada di jalan yang lurus.

4. Olahraga 

Meski kedengarannya tidak perlu, olahraga membantu fokus. Ini melepaskan pemancar tertentu di otak Anda yang meningkatkan fokus, perhatian, dan kemampuan untuk membuat koneksi baru dan memperluas pembelajaran. Ketika berolahraga, Anda akan menyadari pikiran Anda menjadi sulit untuk mengembara dan akan menjadi mudah bagi pikiran agar fokus.

5. Membaca

Membaca membuat otak Anda bekerja dan itu hal yang sangat bagus. Baca hal-hal yang menarik minat Anda dan itu akan membantu Anda memperluas pengetahuan.

 

https://aboutislam.net/counseling/youth-q-a/im-struggling-to-pray-i-feel-lazy-depressed/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement