Sabtu 13 Mar 2021 05:05 WIB

Saat Malas Beribadah, Apa yang Harus Dilakukan?

Kurangnya motivasi beribadah berasal dari kurangnya pemahaman.

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Saat Malas Beribadah, Apa yang Harus Dilakukan? Ibadah di rumah. (Ilustrasi).
Foto:

Jadi, bagaimana Anda memahami Alquran? Bagaimana Anda memahami sholat? Sebelum memahami dasar-dasar Islam, Anda perlu memahami Sang Pencipta. 

“Anda perlu memahami Allah SWT dan perlu tahu apa artinya menjadi seorang Muslim dan mengapa Anda seorang Muslim. Apakah Anda seorang Muslim hanya karena orang tua Anda Muslim dan Anda diajari cara beribadah? Atau apakah Anda seorang Muslim karena Allah telah memenuhi hati Anda dengan cahaya kebenaran dan Anda dapat membedakan mana yang benar dan salah?” kata Sadaf menjelaskan. 

Menurut Sadaf, saat tidak mempertanyakan hal ini, maka dengan mudah tujuan yang dimiliki hilang. Untuk mengatasi perasaan hampa saat beribadah, curahkanlah setidaknya 10 hingga 15 menit setiap hari untuk menjawab pertanyaan berikut. 

1. Apa pesan Islam?

2. Siapakah Nabi Muhammad SAW?

3. Mengapa saya seorang Muslim?

4. Bagaimana cara memperkuat hubungan saya dengan Allah?

5. Apa yang telah saya lakukan hari ini untuk meningkatkan diri saya dibanding siapa saya kemarin?

Dari lima pertanyaan ini, gunakanlah sebagai pedoman untuk mengevaluasi tujuan hidup Anda. Ketika mempertanyakan tujuan, tindakan, dan memastikan bahwa niat itu murni dan tidak dipertanyakan, kita akan merasa termotivasi untuk memperbaiki diri sendiri dan depresi tidak dapat menyesatkan pada akhirnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement