Sabtu 13 Mar 2021 05:05 WIB

Saat Malas Beribadah, Apa yang Harus Dilakukan?

Kurangnya motivasi beribadah berasal dari kurangnya pemahaman.

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Saat Malas Beribadah, Apa yang Harus Dilakukan? Ibadah di rumah. (Ilustrasi).
Foto:

Jika ingin fokus, Anda perlu menghindari gangguan. Hal utama yang harus diingat adalah tujuan hidup. Ketika Anda ingin menjadi seorang profesional, seperti dokter, profesor, insinyur, guru, dan lainnya, Anda harus memperhatikan target dan tujuan. 

“Jika kita ingin fokus, kita perlu menghindari gangguan. Ketika itu ada di tempatnya, segala sesuatu yang lain jatuh pada tempatnya dan tidak ada yang namanya gangguan,” kata Sadaf.

Demikian pula, bagi seorang Muslim, satu-satunya tujuan adalah menyenangkan Allah SWT, menaati-Nya. Segala sesuatu yang dilakukan harus memiliki niat untuk menyenangkan Allah. Misalnya, saat kita belajar untuk ujian, kita harus niat belajar agar kita bisa membuat sesuatu yang berharga dari diri kita sendiri dan menggunakannya untuk melayani umat manusia. 

Selain itu, cobalah beberapa hal yang dapat meningkatkan fokus dan membantu Anda beribadah dengan lebih baik sebagai berikut. 

1. Tulis kegiatan yang dilakukan setiap hari

Ini sangat penting. Jika Anda menuliskan semua yang Anda lakukan setiap hari, itu akan membantu Anda melihat apa yang telah Anda lakukan yang telah menjauhkan Anda dari apa yang ingin Anda capai dalam hidup. Misalnya, jika Anda melihat bahwa Anda menghabiskan 3 jam menonton film atau 1 jam menjelajahi Facebook, Anda akan melihat waktu yang terbuang dapat dihabiskan untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda secara spiritual, mental, dan emosional.

2. Bangun kemauan

Fokus pada tujuan dan bekerja untuk mencapainya bukanlah hal yang mudah. Ketika Anda mengisi pikiran Anda dengan produktivitas dan mencoba menghapus kebisingan, akan mudah untuk tetap fokus dan pada jalurnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement