Senin 08 Feb 2021 17:17 WIB

Mengambil Pelajaran dari Tiga Orang Suku Bani Israil

Kisah ini merupakan dua gambaran sifat yang dimiliki oleh manusia.

Mengambil Pelajaran dari Tiga Orang Suku Bani Israil
Foto:

Kemudian malaikat mendatangi si belang dalam rupa manusia yang sedang safar kemudia berkata kepada si belang: seorang miskin telah terputus bagiku semua sebab safarku, maka kini tidak ada bekal bagiku kecuali dengan pertolongan Allah dan bantuan anda. Maka saya memohon kepada anda demi Allah yang telah memberi saudara warna dan kulit yang bagus serta harta agar bisa membantu mengantar saya dalam safar ini.

Maka si belang menjawab: “Hak-hak orang lain masih banyak. Kemudian malaikat tadi juga berkata “bukankah anda orang yang dulu berkulit belang yang dijauhi orang dan juga fakir, kemudian Allah memberikan saudara harta? Dia menjawab: “Sesungguhnya harta ini saya warisi dari orang tua saya. Maka malaikat tersebut mengatakan: “Jika kamu dusta maka Allah kembalikan kamu seperti semula. 

Kemudian malaikat juga mendatangi si botak. Pertanyaan yang sama juga disampaikan kepada sibotak. Kemudian si botak juga menjawab dengan jawaban yang persis sama dengan jawaban si belang.

Maka Malaikat pun berkata: jika kamu dusta maka Allah kembalikan kamu dalam keadaanmu semula. Kemudian malaikat juga mendatangi si buta dengan rupa dan penampilan yang sama ketika dia mendatangi si belang dan si botak.

Kemudian malaikat mengatakan: “saya memohon kepada anda demi Allah yang telah mengembalikan penglihatan anda, satu kambing saja agar saya bisa meneruskan perjalanan ini. Maka si buta berkata: “saya dulu buta, kemudian Allah mengembalikan penglihatan saya. Saya dulu fakir maka Allah berikan saya harta.

Maka ambillah harta yang mana kamu suka dan tinggalkanlah yang mana kamu suka. Demi Allah aku tidak keberatan dengan apa yang kamu ambil karena Allah. Maka malaikat itu berkata, “Jagalah harta kamu, sebenarnya kamu hanya diuji. Dan Allah telah ridha kepada kamu dan murka terhadap dua sahabatmu. (HR. Bukhari-Muslim).

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement