Sabtu 17 Oct 2020 05:35 WIB

Tanda-Tanda Kiamat Kubra atau Kiamat Besar

Kiamat kubra adalah peristiwa besar atau hancur binasanya alam semesta.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Tanda-Tanda Kiamat Kubra atau Kiamat Besar. Ilustrasi
Foto:

  • Al-Dukhan (kabut)

Allah berfirman dalam surat al-Dukhan ayat 10-11 yang menyebut tanda ini juga menjadi bagian dari kiamat besar. "Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata. Yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih."

  • Matahari terbit dari barat

Rasulullah mengingatkan kiamat tidak akan terjadi sebelum tanda matahari yang akan terbit dari barat. “Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum matahari tebit dari barat. Jika ia telah terbit dari barat dan semua umat manusia melihatnya, mereka menjadi beriman semuanya. Pada saat itu, iman seseorang tidak ada manfaatnya jika sebelumnya ia tidak beriman atau tidak mendapat dari kebaikan imannya itu,” (HR. Muslim).

  • Hewan melata

Surat An-Naml ayat 82 menjelaskan kejadian di hari kiamat yang tergolong kiamat kubra adalah munculnya hewan melata. "Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami."

Semua tanda-tanda ini tidak lain agar manusia selalu ingat kepada Allah karena hari akhir atau hari kiamat merupakan suatu kepastian yang akan terjadi. Wallahu a'lam.

Baca juga: Tanda-Tanda Kiamat Sugra atau Kiamat Kecil

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement