Rabu 10 Apr 2024 06:00 WIB

Nabi Muhammad SAW Sampaikan Wasiat Ini Berulang-ulang Jelang Wafat

Sholat menjadi pembeda antara seorang Muslim dan seorang kafir.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Umat Islam sholat di bawah Masjid Kubah Batu di kompleks Masjid Al-Aqsa untuk salat Jumat kedua di bulan suci Ramadhan di Kota Tua Yerusalem, Jumat, (22/3/2024).
Foto: AP Photo/Mahmoud Illean
Umat Islam sholat di bawah Masjid Kubah Batu di kompleks Masjid Al-Aqsa untuk salat Jumat kedua di bulan suci Ramadhan di Kota Tua Yerusalem, Jumat, (22/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada amal ibadah yang diwasiatkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk senantiasa dijaga oleh umat Muslim. Bahkan menjelang wafatnya, Nabi Muhammad SAW mengingatkan agar amal ibadah ini harus terus dijaga.

Dalam wasiat terakhirnya, Nabi Muhammad SAW menyampaikan kepada umatnya sampai berulang-ulang untuk menjaga ibadah sholat. Hal ini sebagaimana hadits Ummu Salamah RA berikut.

Baca Juga

عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ كَانَ مِنْ آخِرِ وَصِيَّةِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصَّلَاةَ الصَّلَاةَ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ حَتَّى جَعَلَ نَبِيُّ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُلَجْلِجُهَا فِي صَدْرِهِ وَمَا يَفِيصُ بِهَا لِسَانُهُ

Diriwayatkan dari Ummu Salamah RA, dia berkata: "Wasiat terakhir Rasulullah SAW adalah 'Jagalah sholat, jagalah sholat, dan apa yang ada di tangan kananmu (budak atau harta benda).' Nabi SAW sampai mengulang-ulangnya di dalam dada, tetapi lisan beliau tidak mampu menyampaikannya secara jelas." (HR Ahmad)

BACA JUGA: Penyembelihan Sapi Merah, KNRP Minta Muslim Bersatu Jaga Masjid Al Aqsa dan Palestina

Sholat adalah salah satu rukun Islam dan masuk urutan kedua setelah kalimat syahadat. Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

بُني الإسلامُ على خمس: شهادة أن لا إله إلا الله وأن محمدًا رسول الله، وإقام الصلاة، وإيتاء الزكاة، والحج، وصوم رمضان

"Islam dibangun di atas lima dasar: (1) persaksian (syahadat) bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah subhanahu wa ta’ala dan Muhammad adalah utusan Allah, (2) menegakkan sholat, (3) menunaikan zakat, (4) haji (ke Baitullah) dan (5) puasa di bulan Ramadhan." (HR Bukhari dan Muslim)

Di Hari Kiamat kelak, sholat adalah...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement