Ahad 12 Jul 2020 10:21 WIB

Khanate Crimea, Dinasti Islam Terkuat di Eropa Timur

Kerajaan Islam Khanate Crimea berkuasa paling lama di Eropa Timur dan Tenggara

Rep: Heri Ruslan/ Red: Elba Damhuri
Khanate Crimea, Dinasti Islam Terkuat di Eropa Timur
Foto:

Sebelumnya, tampuk kekuasaan sempat dipegang oleh Nur Dewlet, saudara Meñli I Giray, yang menang dengan arahan raja Grand Horde, Ahmed.

Pada 1475, pasukan Utsman menaklukkan Kerajaan Yunani Theodoro dan juga para koloni Genoa di Cembalo, Soldaia, dan Caffa. Dan setelah itu, Khanate Crimea berada di bawah protektorat/perwalian Kekaisaran Utsmani.

Tahun 1475, Kekaisaran  Turki Utsman memenjarakan Menli I Giray karena menolak invasi. Setelah kembali dari pengasingan di Konstantinopel, ia menerima kedaulatan dari Turki Usmani.

Para sultan Ottoman memperlakukan para khan  --sebutan untuk pemimpin tertinggi dalam khanate -- lebih pada sebagai sekutu daripada sebagai warga. 

Dan selama itu, Khanate Crimea memiliki kebijakan tersendiri (terlepas dari Turki Usmani) di stepa-stepa wilayah Tartary Kecil. Para khan tidak membayar upeti kepada Kekaisaran Turki Usmani, melainkan justru mendapatkan bayaran dari Utsman sebagai imbalan karena menyediakan pasukan berkuda (kavaleri) dalam berbagai operasi-operasi militernya.

Crimea mulai kehilangan kekuatan dalam hubungan dengan Kekaisaran Turki Usmani. Hal itu terjadi  akibat dari sebuah krisis yang terjadi pada 1523, saat Crimea berada di bawah kekuasaan Mehmed I Giray, penerus Menli I Giray, yang meninggal pada tahun itu. 

Maka, sejak 1524 dan seterusnya, para khan Crimea ditunjuk oleh Sultan dari Kekaisaran Ottoman.

Ditinjau dari tingkat kepentingan dan daya tahannya, aliansi yang terbangun antara Tatar Crimea dan Kekaisaran Ottoman disebut-sebut sebanding dengan hubungan Polandia-Lithuania. Betapa tida. 

Kavaleri Crimea sangat dibutuhkan oleh Kekaisaran Turki Usmani dalam operasi militer yang dilakukan di Eropa (Polandia, Hungaria) dan Asia (Persia).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement