Ahad 12 Jul 2020 10:21 WIB

Khanate Crimea, Dinasti Islam Terkuat di Eropa Timur

Kerajaan Islam Khanate Crimea berkuasa paling lama di Eropa Timur dan Tenggara

Rep: Heri Ruslan/ Red: Elba Damhuri
Khanate Crimea, Dinasti Islam Terkuat di Eropa Timur
Foto:

Pada tahun 1502, Menli I Giray mengalahkan khan terakhir dari Great Horde, yang sekaligus mengakhiri klaim khanate tersebut atas wilayah Crimea.

Khanate Crimea lalu menjadi satu di antara beberapa kekuasaan terkuat di Eropa Timur hingga abad ke-18 M. 

Penguasa Khanate Crimea adalah pemeluk Islam. Sehingga, dinasti memainkan peran yang tak ternilai harganya dalam menyebarluaskan Islam.

Selain itu orang-orang Crimea terlibat dalam penyerangan kerajaan Danubia, Polandia-Lithuania, dan Muscovy. Untuk setiap tawanan, khanate menerima bagian tetap sebesar 10 atau 20 persen. 

Pada masa yang lama, hingga awal abad 18, kerajaan ini mengatur perdagangan masal budak dengan Kerajaan Utsman dan Timur Tengah. Caffa adalah salah satu tempat yang paling dikenal sebagai bandar serta tempat perdagangan budak.

Paruh pertama abad ke-17 M, Kalmyks membentuk Khanate Kalmyk di Volga Bawah dan di bawah Khan Ayuka melancarkan banyak ekspedisi militer terhadap Khanate Crimea dan Nogays. 

Dengan menjadi bagian dari Rusia dan mengambil sumpah untuk melindungi perbatasan tenggara, Khanate Kalmyk berperan aktif dalam seluruh bagian perang Rusia pada abad 17 dan 18 M. Khanate ini menyediakan hingga 40.000 peenunggang kuda dengan persenjataan lengkap untuk itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement