Jumat 01 Mar 2024 10:47 WIB

Jumat Berkah: Manisnya Pahala Sholat Jumat dalam Islam

Dalam Islam, Jumat merupakan hari yang mulia dan disebut juga dengan Al-Jumu'ah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Ratusan jamaah ikuti ibadah Sholat Jumat pertama di Masjid Agung Dharmasraya
Foto:

Rasulullah SAW bersabda,

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ، فِيْهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيْهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ، وَفِيْهِ أُخْرِجَ مِنْهَا، وَلاَ تَقُوْمُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِيْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Artinya: "Hari yang paling baik di mana matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu, Adam diciptakan, dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan dari surga, dan hanya pada hari itulah kiamat terjadi." (HR Muslim)

Lalu bagaimana cara menunaikan sholat Jumat?

Untuk mendapatkan ridha Allah, seseorang harus mengetahui tata cara melaksanakan sholat Jumat. Berikut panduan menunaikan shalat di salah satu hari terpenting dalam Islam.

Tata Cara Sholat Jumat

1 Mandi dan membersihkan badan secara menyeluruh

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mandi, membersihkan dan memotong kuku serta memakai pakaian bersih sebelum berangkat ke masjid. Dalam hadits diterangkan:

وَعَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - ، قَالَ : (( إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمُ الجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ )) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

Artinya: "Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Apabila salah seorang di antara kalian mendatangi sholat Jumat, maka hendaklah ia mandi.'" (HR Bukhari dan Muslim)

2. Berangkat ke masjid

Umat Islam perlu melakukan sholat Jumat di masjid. Jika ada masjid di dekatnya, hendaknya berjalan pelan-pelan dan santai.

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement