Jumat 01 Mar 2024 10:47 WIB

Jumat Berkah: Manisnya Pahala Sholat Jumat dalam Islam

Dalam Islam, Jumat merupakan hari yang mulia dan disebut juga dengan Al-Jumu'ah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Ratusan jamaah ikuti ibadah Sholat Jumat pertama di Masjid Agung Dharmasraya
Foto:

Pada hari ini, umat Islam juga memperbanyak doa, bersantai, dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Di negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, hari Jumat diperingati sebagai hari libur dalam kalender mereka.

Di negara lain, umat Islam berupaya semaksimal mungkin untuk menghadiri sholat Jumat meskipun hari itu adalah hari kerja.

Demikian pula, beberapa negara memperbolehkan jamaah untuk disiarkan melalui pengeras suara, sementara banyak negara mempunyai peraturan untuk menjaga agar jamaah tetap jenuh di tempat ibadah.

Keistimewaan Sholat Jumat

Kata Jum'at berasal dari kata Jumu'ah yang artinya berkumpul. Dalam hadits dijelaskan bahwa hari ini adalah hari yang paling baik.

Dipercaya bahwa pada hari Jumat, Allah menyelesaikan penciptaan langit dan bumi. Pada hari ini pula Allah menciptakan Adam dan menempatkannya di surga.

Secara kebetulan, Adam juga dibawa keluar dari surga pada hari Jumat dan di hari inilah Kiamat akan terjadi. Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA dalam Kitab Misyakat al Mashabih.

Rasulullah SAW bersabda...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement