Jumat 01 Mar 2024 08:31 WIB

Tertidur Saat Khatib Khutbah, Batal atau Sah Sholat Jumatnya?

Dua khutbah Jumat hukumnya wajib dan menjadi syarat sahnya sholat Jumat.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Umat muslim menunaikan sholat sunnah di Masjid Hijrah Bawah Jembatan Jalan Tol Buah Batu (BJTB),  Jalan Terusan Buah Batu-Jalan Raya Bojongsoang, Bandung, Jawa Barat.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Umat muslim menunaikan sholat sunnah di Masjid Hijrah Bawah Jembatan Jalan Tol Buah Batu (BJTB), Jalan Terusan Buah Batu-Jalan Raya Bojongsoang, Bandung, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua khutbah Jumat hukumnya wajib dan menjadi syarat sahnya sholat Jumat. Khutbah Jumat disampaikan oleh seorang khatib.

Penyampaian tema khutbah tergantung apa yang akan disampaikan oleh khatib. Saat ini khutbah tak hanya berbahasa Arab, tetapi juga menggunakan bahasa Indonesia atau daerah sehingga lebih dipahami oleh jamaah.

Baca Juga

BACA JUGA: Niat Sholat Jumat Makmum Lengkap dengan Wirid dan Doa

Khutbah disampaikan agar didengarkan oleh jamaah sholat Jumat. Bagaimana apabila jamaah tertidur ketika khatib sedang membacakan khutbah? Apakah sholat Jumat mereka sah?

Ahli tafsir Alquran Prof Quraish Shihab dalam buku Menjawab ?...1001 Soal Keislaman Yang Patut Anda Ketahui menjelaskan orang yang tidak mendengarkan khutbah karena tertidur, berbicara atau terlambat sholat Jumatnya tetap sah. Hanya saja mereka kehilangan ganjaran sholat Jumat.

Sebagaimana hadits Nabi yang diriwayatkan oleh enam perawi hadist standar dari Abu Hurairah sering disampaikan sebelum khatib memulai khutbahnya, "Jika engkau berkata kepada temanmu di hari Jumat, 'Diamlah!' Ketika imam sedang berkhutbah, maka engkau telah melakukan (Jumat) yang sia-sia."

Dan menurut sebagian ulama, kata Prof Quraish, khutbah merupakan pengganti dua rakaat di mana sholat Jumat dilaksanakan dua rakaat bukan empat rakaat seperti sholat zhuhur. Meski demikian, dengan tidak mendengarkan khutbah bukan berarti sholat jumatnya tidak sah.

Apakah tidur membatalkan wudhu?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement