Jumat 22 Mar 2024 09:05 WIB

Sering Diabaikan, Ini Bacaan yang Perlu Diperbanyak pada Hari Jumat

Jumat adalah hari yang istimewa dalam Islam.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Umat Muslim turun dari tangga usai melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Al Azhar, Jumat (14/4/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Umat Muslim turun dari tangga usai melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Al Azhar, Jumat (14/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memperbanyak sholawat pada hari Jumat memiliki faedah yang besar dalam Islam. Ini tak lepas dari besarnya keutamaan hari Jumat dalam Islam. Bahkan, Nabi SAW telah menyebutkan hal tersebut.

Diriwayatkan dari Aus bin Aus RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga

إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ فِيهِ فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ فَقَالَ رَجُلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ تُعْرَضُ صَلَاتُنَا عَلَيْكَ وَقَدْ أَرِمْتَ يَعْنِي بَلِيتَ قَالَ إِنَّ اللَّهَ حَرَّمَ عَلَى الْأَرْضِ أَنْ تَأْكُلَ أَجْسَادَ الْأَنْبِيَاءِ

"Sesungguhnya yang paling utama dari hari-hari kalian adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, sangkakala ditiup, dan manusia sadar dari pingsannya. Maka perbanyaklah bersholawat kepadaku pada hari Jumat, sebab sholawat kalian ditunjukkan kepadaku."

Kemudian seorang lelaki bertanya, "Bagaimana caranya agar sholawat kami ditunjukkan kepadamu, padahal dirimu telah wafat?" Kemudian beliau SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah telah mengharamkan bumi memakan jasad para Nabi." (HR. Ibnu Majah).

Keutamaan hari Jumat...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement