Kamis 09 May 2024 17:10 WIB

Kumpulan Humor Ala Rasulullah

Humor menghadirkan kegembiraan.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Nabi Muhammad.
Foto: Republika.co.id
Nabi Muhammad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah adalah sosok pemimpin umat yang menjadi inspirasi manusia. Ia tidak hanya pemimpin agama tetapi juga pemerintahan. Karenanya kehidupan sehari-harinya hanya memikirkan umat.

Namun perlu diketahui, Rasulullah sama seperti manusia pada umumnya yakni memiliki selera humor. Ahmad Muhammad al-Hufy dalam bukunya Akhlak Nabi Muhammad SAW menulis Rasulullah juga mempunyai humor.

Baca Juga

1. Seorang perempuan datang kepada Nabi dan berkata, "Wahai Rasulullah, bawalah aku di atas unta." Beliau menjawab, "Engkau kami bawa di atas anak unta." Perempuan itu berkata "Buat apa anak unta? la tak bisa membawaku." Beliau balik menjawab, "Semua unta itu anak unta juga, bukan?"

Rasul berkata kepada seorang perempuan Anshar: "Susullah suamimu, karena di matanya ada putihnya." Perempuan itu bergegas menyusul suaminya dengan rasa khawatir. Suaminya berkata, "Ada apa kamu ke sini? "Dia menjawab, "Kata Rasul, di matamu ada putihnya." " Memang, di mataku ada putihnya, tapi bukan suatu penyakit," kata suaminya tersenyum.

2. Seorang nenek dari Anshar datang kepada Nabi. "Wahai Rasulullah, berdoalah, mohonkan ampun untukku." Beliau menjawab, "Apakah kau tidak tahu bahwa surga itu tidak dimasuki nenek-nenek." Sang nenek menjerit histeris, sedangkan Rasul tersenyum dan menenangkan sang nenek, "Apakah kau tidak membaca firman Allah: Sesungguhnya Kami menciptakan mereka ( bidadari-bidadari ) dengan langsung. Dan kami jadikan mereka gadis-gadis penuh cinta lagi sebaya umurnya."(QS al - Waqi'ah: 35 ).

3. Anas bin Malik bercerita. Sesungguhnya Nabi berkata kepadaku, "Wahai orang yang mempunyai dua kuping!" Beliau bermaksud bercanda. Beliau juga berkata kepada Anas, "Wahai orang yang punya dua telinga yang suka mendengarkan dan memahami apa yang didengarnya!" Hal ini beliau bermaksud memuji kecerdasan Anas bin Malik.

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement