Jumat 01 Mar 2024 10:47 WIB

Jumat Berkah: Manisnya Pahala Sholat Jumat dalam Islam

Dalam Islam, Jumat merupakan hari yang mulia dan disebut juga dengan Al-Jumu'ah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Ratusan jamaah ikuti ibadah Sholat Jumat pertama di Masjid Agung Dharmasraya
Foto: Republika/Febrian Fachri
Ratusan jamaah ikuti ibadah Sholat Jumat pertama di Masjid Agung Dharmasraya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam Islam, Jumat merupakan hari yang mulia dan disebut juga dengan Al-Jumu'ah, yang artinya hari berkumpul. Umat ​​Islam percaya bahwa hari ini dipilih oleh Allah sendiri sebagai hari khusus untuk beribadah.

Oleh karena itu, keberkahan hari Jumat dianggap istimewa. Laki-laki dianjurkan untuk menghadiri sholat Jumat di masjid-masjid terdekat, sedangkan kaum perempuan mempunyai pilihan untuk ikut sholat Jumat jika mereka menginginkannya.

Baca Juga

BACA JUGA: Niat Sholat Jumat Makmum Lengkap dengan Wirid dan Doa

Nabi Muhammad SAW menyampaikan sholat pada hari Jumat setara dengan sholat dan puasa selama satu tahun penuh. Aus bin Aus berkata, Rasulullah bersabda:

"Siapa yang mandi pada hari Jumat, kemudian bersegera berangkat menuju masjid, dan menempati shaf terdepan kemudian dia diam, maka setiap langkah yang dia ayunkan mendapat pahala puasa dan shalat selama satu tahun, dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah". (HR Ahmad dan Ashabus Sunan, dinyatakan shahih oleh Ibnu Huzaimah).

Amalan sholat Jumat berbeda-beda di setiap negara. Misalnya, Pakistan, Tajikistan, dan India tidak mengizinkan perempuan untuk sholat di masjid. Di Kenya dan Iran terdapat banyak jamaah perempuan yang berkumpul secara massal untuk melaksanakan sholat Jumat.

Pada hari ini, umat Islam juga memperbanyak...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement