Jumat 01 Mar 2024 09:49 WIB

Keutamaan Sholat Jumat Beserta Dalilnya, Apa Saja?

Melaksanakan sholat Jumat bagi laki-laki adalah fardhu 'ain (kewajiban individual).

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Sholat berjamaah Jumat pertama di bulan suci Ramadhan di dalam Masjid Merkez di distrik Marxloh, Duisburg, Jerman, (24/3/2023).
Foto: EPA-EFE/FRIEDEMANN VOGEL
Sholat berjamaah Jumat pertama di bulan suci Ramadhan di dalam Masjid Merkez di distrik Marxloh, Duisburg, Jerman, (24/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melaksanakan sholat Jumat bagi laki-laki adalah fardhu 'ain (kewajiban individual). Sholat ini dilaksanakan sebanyak dua rakaat dan menggugurkan kewajiban sholat zhuhur.

Sehingga ketika sudah melaksanakan sholat Jumat maka tidak usah lagi mendirikan sholat zhuhur. Sholat Jumat mempunyai keutamaan.

Baca Juga

Keutamaan Sholat Jumat

Menurut Abdul Qadir ar-Rahbawi dalam bukunya Seri Fikih Shalat Empat Madzhab, 'Sholat Tahiyyatul Masjid, Shalat Berjama'ah Serta Shalat Jumat, keutamaan sholat Jumat karena berkaitan dengan hari Jumat yang istimewa dibandingkan dengan hari-hari lainnya.

Berdasarkan sabda Rasulullah dari Abu Hurairah, "Sebaik-baik hari yang di dalamnya terbit matahari adalah hari Jum'at. Pada hari itu diciptakan Adam AS, pada hari itu pula dia dimasukkan ke surga, pada hari itu juga dia dikeluarkan dari surga, dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jum'at" (HR Muslim, Abu Dawud dan lainnya. Disahihkan oleh Tirmidzi).

 

Dan penegasan tentang keutamaan Sholat Jumat adalah ada pada hadits Rasulullah dari Abu Lubanah Al-Badri, Rasulullah bersabda, "Penghulunya hari-hari adalah hari Jumat, dan hari Jum'at juga adalah hari yang paling agung di sisi Allah. Dan lebih agung di sisi Allah daripada hari raya 'Iidul Fitri dan 'Idul Adha. Pada hari Jumat juga terdapat lima peristiwa; pada hari itu Allah menciptakan Adam AS, pada hari itu pula Allah melemparkan Adam ke bumi serta pada hari itupula Adam wafat. Pada hari Jumat juga terdapat waktu yang tidak ada seorang hamba pun yang meminta kepada Allah kecuali Allah akan memberikan kepadanya, selama tidak meminta sesuatu yang haram. Pada hari itu pula akan terjadi kiamat. Tak seorangpun dari malaikat, langit, bumi, angin, gunung dan lautan kecuali mereka memuliakan hari Jumat." (HR Ahmad dan Ibnu Majah. Al-'Iraqi berkata bahwa sanad ini hasan).

Berdasarkan dua hadis di atas tersebut, menurut Abdul Qadir, sholat Jumat sangat istimewa karena terdapat peristiwa-peristiwa penting pada hari Jumat. Dan Allah akan memberi sesuatu kepada hambanya kecuali yang haram pada hari Jumat. Maka dari itu, memuliakan hari Jumat adalah dengan sholat Jumat.

Ibadah yang dianjurkan pada hari Jumat...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement