Rabu 21 Feb 2024 23:24 WIB

Penjara Paling Misterius di Dunia yang Dibangun Kesultanan Islam Dinasti Alawi Maroko

Penjara Qara dinobatkan sebagai penjara paling misterius di dunia

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Penjara Qara dinobatkan sebagai penjara paling misterius di dunia
Foto:

Tujuannya untuk memberi penghargaan kepada setiap tahanan yang dapat menemukan jalan rahasia. Karena jalan tersebut adalah jalur untuk bisa keluar dari penjara.

Setelah selesai dibangun, Sultan memberikan kebebasan kepada insinyur Portugis itu dan menamai penjara tersebut dengan namanya. 

Versi lain penamaan penjara Qara meski para sejarawan tidak mendukungnya, yaitu pada masa penjajahan Prancis di Maroko, ada seorang penjaga di penjara berkepala botak.

Orang Prancis biasa memanggilnya Qara dalam upaya mengucapkan kata Aqro', yang berarti "botak". Kata inilah yang menjadi alasan di balik pemberian nama Qara pada penjara tersebut. 

Prancis juga diduga menggunakan penjara bawah tanah Qara di Maroko untuk memenjarakan pejuang perlawanan Maroko.

Terkait desain penjara Qara, ada banyak penjelasannya. Desain penjara Qara tergolong mengerikan dan digambarkan sebagai salah satu penjara paling mengerikan dan mematikan di dunia pada masa pemerintahan Sultan Moulay Ismail. 

Beberapa orang menggambarkan desain penjara sebagai sebuah labirin. Ada yang menyebut ruang bawah tanah tanpa ujung, dan yang lain lagi sebagai koridor tanpa pintu atau jendela.

Majalah Maroko Zaman menggambarkan penjara Qara sebagai salah satu fasilitas paling aneh. Bentuk dan arsitekturnya menimbulkan ketakutan dan kepanikan besar dalam jiwa setiap orang yang melihatnya. 

Penjara Qara dibangun seluruhnya di bawah tanah dan di lokasi yang diyakini mencakup seluruh kota Meknes. Sulit untuk mengetahui di mana ujungnya.

Ada yang menyebutkan, penjara Qara di Maroko berisi labirin koridor yang kedalamannya tidak dapat dipahami oleh siapa pun dan tidak ada yang dapat menemukan rahasianya. 

Bahkan disebutkan pula bahwa penjara tersebut dihuni oleh roh jahat atau dikutuk oleh mereka yang telah ditahan di dalamnya. Tidak ada satupun dari mereka yang ditangkap, yang bisa menemukan jalan keluarnya.

Catatan sejarah menekankan, penjara Qara bukanlah penjara dalam pengertian umum. Karena penjara Qara tidak seperti penjara lainnya di dunia. 

Terlebih penjara...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement