Rabu 07 Feb 2024 19:31 WIB

Dahsyatnya Rahasia dan Keutamaan Berakhlak Mulia

Akhlak mulia merupakan ekspresi dari keimanan.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi mengaji sumber keislaman sebagai upaya memperbaiki akhlak.
Foto:

Amal yang baik itu di antaranya adalah bergaul dengan orang yang shalih, bersopan-santun, lemah-lembut dalam berbicara, berbuat baik kepada orang lain, bersedekah dengan makanan, mengucapkan dan menjawab salam kedamaian, mengunjungi orang sakit baik yang shalih maupun yang fasik, mengantarkan jenazah seorang Muslim, bersikap baik kepada tetangga yang Islam maupun yang kafir.

 

Saling memuliakan antar sesama Muslim, memenuhi undangan, saling memaafkan, mendamaikan di antara orang yang berselisih, bermurah hati, memuliakan tamu, dan memaafkan kesalahan orang lain.

Lainnya adalah menjauhkan diri dari yang diharamkan, tidak mengumpat, tidak memfitnah, tidak berdusta, tidak bakhil, tidak berbohong, tidak menipu, bersikap tidak jujur, tidak memutuskan silaturahim, tidak berakhlak buruk, tidak takabur, tidak angkuh, tidak bersifat keji, tidak berbuat keji, tidak berprasangka buruk, tidak iri, tidak dengki, tidak mencemarkan nama baik orang lain, tidak durhaka, tidak berbuat aniaya, tidak mudah memusuhi orang lain, dan sebagainya. Demikian seharusnya akhlak seorang Mukmin sejati itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement