Selasa 06 Feb 2024 00:07 WIB

Saat Wafat, Apakah Anak-Anak Juga Ditanya Malaikat dan Mendapat Siksa Kubur?

Ibnu Qayyim al-Jauziyah mengatakan orang-orang berbeda pendapat mengenai masalah ini.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Warga berziarah ke makam keluarganya di TPU khusus Covid-19 Rorotan, Jakarta Utara.
Foto:

Sedangkan anak-anak kecil yang belum mencapai tamyiz, bagaimana mungkin dapat ditanyakan kepada mereka pertanyaan, “Apa yang engkau katakan tentang lelaki yang diutus kepada kalian ini?” Kalaupun akalnya dikembalikan kepadanya di dalam kubur, maka dia tetap tidak akan ditanya tentang hal-hal yang tidak pernah ada dalam pengetahuannya sehingga dengan demikian maka pertanyaan seperti itu tidak akan ada gunanya.

Pertanyaan di dalam kubur ini berbeda dengan ujian terhadap mereka (anak-anak) di akhirat. Allah SWT telah mengirim seorang rasul kepada mereka dan memerintahkan mereka untuk taat kepadanya ketika akal mereka melekat di diri mereka. Karena itu, siapa dari mereka yang mematuhi rasul, niscaya akan selamat dan siapa di antara mereka yang menentang rasul, niscaya Dia akan masukkan ke dalam neraka.

Itulah ujian berupa perintah yang Dia perintahkan kepada mereka (anak-anak) lalu mereka laksanakan perintah itu pada waktu itu. Bukan berupa pertanyaan tentang sesuatu perkara yang sudah mereka lalui di dunia, baik itu berupa ketaatan maupun berupa kemaksiatan seperti pertanyaan dua malaikat di dalam kubur.

Adapun berkenaan dengan hadits-hadits dari Abu Hurairah ra, yang dimaksud dengan siksa kubur dalam hadits itu bukanlah berupa hukuman terhadap anak-anak karena telah mengabaikan ketaatan atau karena melakukan kemaksiatan.

Ibnu Qayyim menjelaskan, Allah tentu tidak akan menyiksa siapa pun tanpa ada suatu dosa yang dilakukannya. Alih-alih, mungkin yang dimaksud dengan siksa kubur dalam hadits-hadits itu adalah rasa sakit yang dirasakan oleh mayat disebabkan hal lain, walaupun sakit itu bukan sebagai bentuk hukuman terhadap suatu perbuatan yang telah dilakukannya.

Contoh lain yang seperti ini...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement