Selasa 16 Jan 2024 16:49 WIB

Enam Jenis Azab dari Allah Bagi Pencinta Dunia

Tiga siksaan ditimpakan di dunia dan tiga lainnya di akhirat.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi laknat dan siksa neraka
Foto:

Sebagaimana yang diisyaratkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya. "Hubungan antara manusia, lamunan, dan ajal kematian, itu adalah bagaikan kematian di sebelahnya dan lamunan di depannya. Sementara itu mengejar lamunan di depannya,  secara tiba-tiba kematian datang dan menerkamnya." (HR Ibnu Abi Ad-Dunya)

Ad-Dailami juga telah meriwayatkannya dari jalur lain. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Banyak orang yang menghadapi hari depan tidak dapat menyempurnakan dan banyak orang menunggu hari esok (malah) tidak kesampaian. Seandainya kamu dapat melihat ajal (kematian) di perjalanannya, niscaya kamu akan membenci angan-angan dan tipu dayanya."

Kedua, sangat rakus tanpa pernah merasa cukup atau selalu merasa kurang. Kerakusan dapat membuang keutamaan jiwa, mencegah kesempurnaan ibadah dan mendorong keinginan pada perkara yang syubhat. 

Orang yang rakus tidak mempunyai tujuan tertentu yang ditunggu dan tidak ada ujung yang dianggap cukup. Karena apabila ia sampai pada angan-angannya dengan kerusakan, maka hal itu akan mendorongnya untuk lebih rakus dan lebih berangan-angan.

Ketiga, diambil darinya manisnya ibadah, karena ia hanya akan disibukkan oleh urusan dunianya daripada akhiratnya. Dilansir dari kitab Nashaihul Ibad yang diterjemahkan Abu Mujaddidul Islam Mafa dan diterbitkan Gitamedia Press, 2008, azab yang ditimpakan di akhirat, itu diantaranya adalah sebagai berikut. 

Pertama, pada hari kiamat nanti akan menemui masalah yang sangat menakutkan dan mengejutkan. Kedua, hisab (perhitungan) yang sangat dahsyat. Ketiga, penyesalan yang tidak berkesudahan, artinya akan mengalami kesedihan yang panjang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement