Selasa 23 Jan 2024 13:39 WIB

Orang Berilmu dan Ulama Bisa Jadi Sebab Hancurnya Suatu Zaman, Mengapa?

Matinya jiwa adalah hukuman atau azab bagi orang yang berilmu.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: republika
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Imam Al Ghazali bernama lengkap Imam Abu Hamid Muhammad ibn Muhammad al-Ghazali dalam kitabnya Ihya Ulumuddin mengutip pernyataan Umar bin Khattab Radhiyallahu anhu terkait sesuatu yang menjadi sebab hancurnya suatu zaman.

Salah satu penyebab hancurnya suatu zaman adalah tergelincirnya orang berilmu atau ulama, tapi tidak ada yang berani mengingatkan mereka agar kembali ke jalan Allah SWT.

Baca Juga

Sayyidina Umar bin Khattab Radhiayllahu anhu pernah berkata, "Tiga perkara yang menyebabkan hancurnya suatu zaman, yang salah satunya adalah tergelincirnya orang berilmu, namun tidak ada umat yang berani mengingatkan kekeliruannya."

Ibnu Mas'ud Radhiyallahu anhu juga pernah berkata, "Akan segera datang suatu masa, di mana kebaikan manusia akan lenyap dari muka bumi ini. Pada masa itu, orang berilmu dan orang yang mempelajari ilmu tidak dapat mengambil manfaat apapun dari ilmu yang dimilikinya. Qalbu orang berilmu akan mengeras laksana batu tebing, hingga air hujan yang jatuh dari langit dan menimpanya tidak akan meresapkan setetes air pun ke dalam batu itu."

"Penyebabnya adalah, jiwa orang berilmu menjadi mabuk karena kecintaan mereka kepada dunia lebih daripada cinta mereka pada urusan akhirat. Lalu, Allah SWT mengangkat (menarik kembali) sumber-sumber kebijaksanaan mereka dan memadamkan cahaya petunjuk dari qalbu mereka."

Masih disampaikan Ibnu Mas'ud...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement