Selasa 16 Jan 2024 16:49 WIB

Enam Jenis Azab dari Allah Bagi Pencinta Dunia

Tiga siksaan ditimpakan di dunia dan tiga lainnya di akhirat.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi laknat dan siksa neraka
Foto: Dok Republika
Ilustrasi laknat dan siksa neraka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al-Banteni dalam kitab Nashaihul Ibad mengutip pernyataan Hasan Al Basri, seorang ulama dan cendekiawan Muslim yang dilahirkan pada tahun 21 Hijriyah. Hasan Al Basri menjelaskan orang yang cinta dunia akan disiksa atau diazab oleh enam jenis siksaan.

Sebagaimana yang dikatakan Hasan Al Basri, "Siapapun yang mengharapkan dunia dan lebih memilih dunia daripada akhirat, maka Allah akan menyiksanya dengan enam macam siksaan. Yaitu, tiga siksaan ditimpakan di dunia dan tiga lainnya di akhirat."

Baca Juga

"Tiga siksaan yang ditimpakan di dunia itu adalah berangan-angan tanpa batas, sangat rakus sehingga tidak pernah merasa puas atau tidak pernah merasa berkecukupan, dan tidak bisa merasakan manisnya ibadah."

Sedangkan tiga siksaan yang ditimpakan di akhirat itu adalah ketakutan pada hari kiamat, hisab yang sangat dahsyat, dan penyesalan yang tidak berkesudahan." (Syekh Nawawi al-Banteni, Nashaihul Ibad).

Menurut Hasan Al Bahari, orang yang lebih memilih dunia dan meninggalkan akhirat, itu akan mendapatkan enam azab dari Allah. Tiga azab ditimpakan di dunia dan tiga azab lainnya ditimpakan di akhirat nanti.

Tiga azab yang ditimpakan di dunia untuk orang yang cinta dunia itu adalah sebagai berikut. Pertama, selalu berangan-angan tanpa ada batasnya. 

Sebagaimana yang diisyaratkan Nabi Muhammad... 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement