Sabtu 21 Oct 2023 05:05 WIB

Manfaat Luar Biasa Sholat Dhuha, Mampu Mencegah Sakit Persendian

Sholat dhuha salah satu ungkapan rasa terima kasih dan ]syukur pada Allah SWT.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Shalat Dhuha
Foto:

Jadi, jika satu kali saja melaksanaan sholat dhuha dapat memberikan 360 pahala, alangkah besarnya jumlah pahala yang bisa dikumpulkan kita jika tidak pernah terputus melaksanakan sholat dhuha sepanjang hidup.

Di samping itu, ada hal lain yang tampaknya lebih penting dari sekadar menghitung pahala. Dalam tubuh manusia terdapat 360 persendian dan setiap persendian yang dimiliki, menurut Rasulullah, menuntut makanan setiap harinya. Amalan sedekahlah yang dapat memenuhi kebutuhan makan setiap persendian itu.

Dan sholat dhuha merupakan salah satu bentuk amalan sedekah yang mampu mencukupi kebutuhan makan seluruh persendian tubuh. Jika persendian-persendian tubuh tidak terpenuhi kebutuhannya, lama-kelamaan persendian itu akan mengalami pengeroposan spiritual, bahkan mungkin juga fisik.

Hal ini berarti setiap persendian yang seharusnya menjadi penopang kehidupan spiritual seorang hamba, menjadi tidak berfungsi secara optimal jika kekurangan asupan 'makanan' yang menjadi penyangga 'hidupnya'.

Dengan demikian, sholat dhuha tidak hanya menjanjikan limpahan pahala yang akan menjadi bekal dalam kehidupan kelak, melainkan juga kekuatan spiritual bahkan mungkin juga kekuatan fisik. Pelaksanaan sholat dhuha merupakan salah satu bentuk ungkapan rasa terima kasih dan wujud syukur kepada Allah SWT, yakni syukur atas nikmat dan karunia kesehatan serta kebugaran pada setiap sendi tubuh.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement